Bengep di Juni, Toyota Yakin Bisa Bangkit Bulan Ini

Bengep di Juni, Toyota Yakin Bisa Bangkit Bulan Ini

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil domestik hancur lebur pada Juni lalu, seiring libur Lebaran yang mencapai 11 hari. Tak ayal lagi, Toyota selaku pemimpin pasar berkontribusi besar dalam penurunan pasar mobil.

Juni lalu, penjualan Toyota turun 35% menjadi 18.642 unit, dari Mei sebanyak 28.950. Memang, levelnya tak sebesar pasar yang mencapai 41% menjadi 58.837 unit.

“Hari kerja efektif pada Juni turun dibandingkan bulan sebelumnya. Ini berimbas pada rendahnya penjualan,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Rabu (11/7).

Henry mengungkapkan, penjualan pada bakal bangkit dibandingkan Juni, seiring normalnya hari kerja. Namun, dia enggan menyebutkan prediksi pasar mobil bulan ini. Yang pasti, pertumbuhannya bakal signifikan dibandingkan Juni. “Untuk penjualan Toyota, kami harap paling tidak bisa kembali ke level Mei sekitar 29 ribuan unit. Penjualan ke konsumen juga diiharapkan lebih baik,” ungkap Henry.

Baca Juga: Avanza Sikut Xpander, Confero Geser Xenia 

Toyota Avanza, model andalan TAM (istimewa)

Meski persaingan pasar kian keras, Toyota masih memuncaki pasar mobil domestik. Selama semester I tahun ini, penjualan Toyota mencapai 161.446 unit, dengan pangsa pasar 29,15%, masih jauh dari target TAM sebesar 35%. Mitsubishi berada di posisi dua dengan penjualan 100.122 unit, lalu Daihatsu 94.929 unit, Honda 76.694 unit, dan Suzuki 60.930 unit. (gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. Januari-Juni Ritel Jagoan Daihatsu Bertumbangan.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This