Renault Lepas Rival Berat Civic Type R

Renault Lepas Rival Berat Civic Type R

London, Motoris – Renault resmi memperkenalkan hatchback panas (hot hatch) baru, Megane R.S Trophy, yang dibekali tenaga dan torsi lebih badak ketimbang varian standar. Hal ini diharapkan dapat menjadi modal untuk bertempur dengan Honda Civic Type R, hot hatch penggerak depan terkencang saat ini.

Seperti dilansir Autoexpress, Jumat (20/7), Trophy memakai mesin bensin 1,8 liter turbo, empat silinder, dengan tenaga 300 Hp dan torsi 420 Nm,  masih di bawah target operasi Type R versi Inggris sebesar 320 Hp. Meski begitu, Trophy diklaim lebih lincah dan stabi. Tenaga mesin Trophy dikirim ke roda depan melalui transmisi manual dan otomatis enam kecepatan.

Ubahan Trophy dibandingkan varian standar adalah di mesin, knalpot, rem, dan beberapa detail desain. Bearing di turbin kini berbahan keramik yang lebih ringan dan dapat mengurangi gesekan, sehingga kinerja turbo makin buas. Knalpot baru juga menambah tenaga, yang dilengkapi katup mekanis.

Renault mengklaim 0-100 kilometer per jam (kpj) ditempuh Trophy dalam 5,7 detik, sedangkan kecepatan puncak 260 kilometer per jam (kpj). Trophy memakai sasis Cup, yang performanya lebih baik ketimbang sasis varian biasa.

Baca Juga: Diserang Terus, Civic Type R Akhirnya Di-facelift

Interior Renault Megane R.S Trophy (Autoexpress)

Pengereman dibantu Brembo, dengan diameter cakram 355 milimeter. Renault mengklaim rem lebih ringan 1,8 kilogram dari biasa. Kaki-kaki memakai pelek 19 inci aluminium.

Terdapat 4CONTROL four-wheel steering. Ketika mobil di kecepatan rendah, roda depan dan belakang akan bergerak berlawanan agar mobil lebih lincah. Sebaliknya, di kecepatan tinggi roda depan dan belakang berbelok searah agar mobil stabi.

Trophy mulai dijual musim semi tahun ini di Eropa, sedangkan pengiriman ke kosnumen pada musim dingin. Di Inggris, Trophy diprediksi dibanderol 30 ribu poundsterling atau Rp 570 jutaan. (gbr)

Renault Megane R.S Trophy (Autoexpress)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This