New Terra, Harapan Baru Nissan di Tengah Kelesuan

New Terra, Harapan Baru Nissan di Tengah Kelesuan

Tangerang, Motoris – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah meluncurkan SUV anyar New Nissan Terra di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang. Kehadiran Terra menjadi harapan baru bagi Niisan Indonesia di tengah lesunya kinerja penjualan.

Data Gakindo menunjukan, sampai Juni 2018, penjualan Nissan Indonesia rontok hingga 47%. Jika di periode Januari-Juni tahun lalu masih 9.146 unit, kini cuma 4.813 unit.

Minimnya varian model ditambah gaya desain yang sudah lawas, diduga menjadi penyebabnya. Terlebih, di saat yang sama, model-model anyar berfitur terkini besutan merek lain datang silih berganti.

Manjurnya varian anyar dalam penjualan diakui kolega Motoris di Gaikindo. Dia menengarai, faktor itu pula yang dialami Nissan Indonesia.

“Fakta selama ini menunjukan, tren penjualan berpotensi meningkat ketika ada model baru dengan fitur-fitur baru. Apalagi, segmen pasar yang dibidik pas,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (7/8/2018) malam.

Baca juga: Nissan Tampil Habis-habisan di GIIAS

Tampilan samping New Nissan Terra – dok.Motoris

Lantaran itulah, sang kolega tak menampik jika kedatangan New Terra bisa menjadi pelepas dahaga bagi Nissan dalam penjualan. Hanya memang, tantangan persaingan yang dihadapi juga tak ringan. Di segmen SUV kelas yang dibidik New Terra, ada Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Terrano dan Patrol
Sebagai harapan baru, Nissan Indonesia all out dalam mempromosikan Terra. Setidaknya, di ajang GIIAS 2018. Untuk menguatkan kembali memori orang atas ketangguhan SUV besutannya, Nissan membawa serta dua SUV lawas Nissan Terrano (WD21) dan Nissan Patrol (Y61).

Kehadiran dua jagoan lama itu membawa kesan, Nissan ingin memperlihatkan kekokohan struktur konstruksi chassis ‘ladder-frame’ keduanya yang selama ini diakui kemampuannya oleh masyarakat Indonesia atau bahkan dunia.

Baca juga: Nissan GT-R Anyar, Bakal Tercepat Sejagat

Ketangguhan Nissan Terrano menjadikannya memiliki tempat tersendiri di masyarakat Indonesia – dok.Motoris

Nissan Terrano hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 1995, dengan pilihan varian SGX dan AJ Limited. SUV ini didukung oleh mesin Z24 2,4 liter yang berdurabilitas tinggi. Beberapa tahun kemudian, hadir varian Spirit yang memiliki kandungan komponen lokal lebih banyak.

Tren SUV yang semakin merebak di Tanah Air di awal tahun 2000an, mendorong NMI untuk melakukan penyegaran pada fisik Terrano. Maka lahirlah varian Kingsroad dan Granroad.

Sementara itu, Nissan Patrol tercatat menjadi rival sejati Toyota Land Cruiser sejak tahun 1951. Nissan Patrol bukan sosok yang asing di Indonesia, karena pernah digunakan sebagai kendaraan dinas militer di tahun 1960-an, dan sejumah lembaga negara lainnya. (Adp/Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. Super Cub Tiba di RI, Harga Cukup Rp 55 Juta.

CATEGORIES
TAGS
Share This