Punya Mobil Wuling Bakal Irit Jajan

Punya Mobil Wuling Bakal Irit Jajan

Tangerang, Motoris – Slogan ‘Memberikan yang Terbaik’ dari Wuling Motors kepada konsumen bukanlah slogan kosong belaka, karena selain harga mobil yang terjangkau, biaya kepemilikannya pun murah. Alhasil, para pemilik tak perlu pusing karena kantong terongrong biaya perawatan atau perbaikan.

Aftersales Director Wuling Motors Indonesia, Taufik S Arief, menyebut hasil penelitian yang dilakukan oleh pihaknya yang merangkum biaya perawatan MPV sekelas berbagai merek di berbagai daerah, diketahui biaya perawatan Wuling masih lebih murah.

“Biaya kepemilikan atau cost of ownership (COO) Confero dan Cortez diketahui lebih murah ketimbang biaya kepemilikan mobil sejenis dan sekelas dari komptitor,” tuturnya di arena GIIAS 2018, ICE, BSD City, Tangerang, belum lama ini.

Arief menjealskan, COO itu terdiri dari biaya perawatan berkala, perawatan tak berkala, serta body repair bila terjadi kecelakaan. Tak hanya biaya jasa saja yang murah, tetapi juga komponen atau suku cadang yang dipakai untuk penggantian pun harganya juga lebih miring.

Tampilan belakang Wuling Cortez – dok.Motoris

“Bahkan ada garansi suku cadang selama satu tahun atau kalau dihtung dengan jarak setara dengan 20.000 kilometer,” kata Arief.

Penelitian internal Wuling yang digelar dua bulan lalu menunjukan, biaya perawatan Wuling Confero dan Cortez rata-rata per 100.000 km atau lima tahun sekitar Rp 6 jutaan atau Rp 1 jutaan per tahun. Hal ini juga tak lepas dari garanasi kendaraan yang diberikan hingga pemakaian sampai jarak 100.000 kilometer atau tiga tahun.

Selain itu, ada garansi komponen mesin dan transmisi hingga lima tahun atau hingga pemakaian sejauh 100.000 km dan biaya servis berkala selama dua setengah tahun atau 50.000 km.

“Sehingga jika dikombinasikan dengan Wuling Insurance, maka masa pemakaian hingga 50.000 kilometer itu, ibaratnya konsumen gratis biaya jasa dan spare parts. Ya mungkin hanya beli bensin saja (selama pemakaian kendaraan dengan rentang jarak itu),” kata Arief menjelaskan.

Efisiensi
Arief menegaskan meski harga suku cadang mobil Wuling berbanderol lebih murah dibanding peranti yang sama dari mobil sejenis dan sekelas dari merek lain, namun kualitasnya tetap bisa diandalkan. Kualitas, lanjut Arief, bagi Wuling adalah harga mati, sehingga tak bisa ditawar lagi.

“Kenapa harga lebih murah, karena kami berhasil melaukan efisiensi biaya produksi. Di area pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi, kita ada supplier park. Di sana sejumlah pembuat komponen beroperasi, itu yang mebuat kami lebih efisien,” ungkapnya.

Pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat – dok.Istimewa

Sementara itu, di daerah, harga suku cadang juga murah karena jaringan atau diler Wuling terus berkembang. Pembelian suku cadang dilakukan dalam partai besar sesuai dengan populasi dan peningkatan penjualan unit.

Saat ini tak kurang dari 80 diler telah berdiri. Bahkan jumlah tersebut terus digenjot, sehingga di setiap daerah di Tanah Air berdiri diler Wuling. –*** (Native Article)

CATEGORIES
TAGS
Share This