Tertawa di Asia Tenggara, Mitsubishi Boncos di Amerika

Tertawa di Asia Tenggara, Mitsubishi Boncos di Amerika

California, Motoris – Mitsubishi Motors memang bisa tertawa-tawa di Asia Tenggara dan China karena penjualannya bagus, tetapi tidak demikian di Amerika Serikat (AS). Tahun lalu, di Negeri Paman Sam itu, merek berlambang tiga berlian ini sama sekali tak mencatatkan untung melainkan buntung.

Seperti dilaporkan Automotivenews, Selasa (14/8/2018) remuknya penjualan Mitsubishi di AS itu diakui Chief Operating Officer Mitsubishi Motors, Trevor Mann. Namun, dia berdalih, boncosnya penjualan tersebut salah satunya dikarenakan tarif pajak hingga 25% yang ditetapkan oleh rezim pemerintahan Donald Trump.

Meski begitu, seperti dilansir The Detroit Tribune, seorang pejabat Mitsubishi Motors lainnya tak menampik rontoknya penjualan juga dikarenakan konsumen tak tertarik dengan model-model Mitsubishi. Hanya, dia tak merinci alasan mengapa mobil Mitsubishi tak disukai konsumen negeri itu.

Tetapi, yang pasti, sang pejabat mengatakan pihaknya akan kembali ‘membombardir’ AS dengan model-model anyar pada tahun 2020 nanti. Salah satu model itu adalah Mitsubishi Outlander versi anyar.

Baca juga: Mitsubishi Dihantam Skandal Lagi

Selain itu, model baru yang menggunakan platform dan mesin dari Renault dan Nissan. Model-model itulah yang diyakini bakal bisa menggaet konsumen.

Kecil
Trevor Mann menyebut, bagi Mitsubishi Motors, pasar AS terbilang kecil. Sumbangsihnya terhadap total penjualan Mitsubishi hanya 10% saja. Meski begitu, pasar wilayah ini tetap dianggap penting karena menjadi simbol eksistensi Mitsubishi di salah satu pasar otomotif teresar di dunia tersebut.

Sebelumnya, pada tahun 2016, Mitsubishi telah menutup pabriknya di AS. Lantaran itulah, meski bakal menggelonotorkan produk ke negara itu pada tahun 2020 nanti, kemungkinan membuka kembali pabriknya, Mitsubishi masih pikir-pikir.

Meski begitu, target penjualan di AS dipatok lebih tinggi yakni 23%. Angka ini, jauh di atas target penjualan Mitsubishi di dunia yang hanya 18%. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. “Suzuki Ignis Masih Bertaring.”

CATEGORIES
TAGS
Share This