Kawasaki ZX-6R Anyar, Wajah Makin Ganteng Mesin Tambah Jos 

Kawasaki ZX-6R Anyar, Wajah Makin Ganteng Mesin Tambah Jos 

California, Motoris – Kawasaki Motors dikabarkan tengah menyiapkan versi anyar dari motor sport ZX-6R atau ZX-6R model tahun 2019. Kabar yang berembus itu juga menyebut tak cuma tampang saja yang berubah, tetapi juga mesin yang mengalami penyempurnaan, berikut fitur pendukungnya.

Seperti dilaporkan laman Bikewale belum lama ini, rencana Kawasaki itu terungkap saat dokumen yang diisi oleh Kawasaki untuk California Air Resources Board (CARB) bocor ke publik. Kepada CARB, Kawasaki memastikan bahwa ZX-6R terbaru itu sudah mengadopsi teknologi berstandar Euro 4.

“Mesin memang masih berkapasitas sama dengan versi sebelumnya, yakni 636 cc empat silinder. Tetapi, mesin di versi baru ini telah memakai catalytic inverter terkini yakni three way catalytic inverter yang mampu mengonversi karbon monoksida menjadi karbon dioksida dan air. Selain itu mengonversi nitrogen oksida menjadi nitrogen, sehingga (emisi) jauh lebih bersih,” demikian isi dokumen itu.

Sementara, soal tampilan, laman Cyclenews mengungkap, dokumen CARB juga menyebut ZX-6R menggunakan gaya bahasa desain yang berbeda dengan pendahulunya. Desain anyar itu mengadopsi gaya Kawasaki ZX-10R sehingga lebih agresif.

Ilustrasi, Kawasaki ZX-6R – dok.Istimewa

Peningkatan fitur

Namun, tak hanya mesin dan tampilan saja yang berubah. Sejumlah fitur juga mengalami peningkatan. Sehingga, ZX-6R paling gres itu diklaim bakal lebih nyaman dan aman.

Diantara fitur yang diperbarui atau ditingkatkan adalah, sistem kontrl traksi yang sebelumnya hanya dua mode kini bakal menjadi tiga mode. Selain itu, Kawasaki memberinya fitur baru untuk pemilihan mode power dalam berkendara.

Sedangkan untuk menunjang aspek keamanan yang lebih tinggi, sistem pengereman Kawasaki Intelligent Antilock Brake System (KIBS) ditingkatkan. Begitu pun dengan sistem suspensi.

Hanya, kapan tepatnya, versi anyar ZX-6R itu diluncurkan sampai saat ini belum ada keterangan. Meski begitu ada dua kemungkinan yang diduga-duga oleh kalangan industri motor dunia sebagai tempat peluncurannya.

Pertama, AIM Expo di Las Vegas sekitar 11 Oktober nanti. Dan kedua di Intermot Cologne, Jerman, yang juga digelar pada Oktober nanti. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This