Jelang Akhir Tahun, Ignis Rentan Dilengserkan Brio

Jelang Akhir Tahun, Ignis Rentan Dilengserkan Brio

Jakarta, Motoris – Dominasi citycar besutan Suzuki Motors, Ignis, di segmen mobil perkotaan yang menggenggam 50% pangsa pasar di semester satu tahun ini, mendapatkan tantangan kuat dari All New Brio RS yang diluncurkan di GIIAS 2018. Mobil yang diimpor dari India ini diperkirakan masih akan bertahan jika PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek mampu mempertahankan citra merek serta rentang harga yang ada.

“Sepanjang Januari-Juni penguasaan pasar Ignis mencapai 50%. Faktor positioning produk  dengan tampilan khas  yang ‘nyerempet-nyerempet’ urban mini SUV ini berhasil membentuk persepsi di benak publik, bahwa memiliki keunikan tersendiri. Itu kelebihan dasarnya,” papar kolega Motoris di Gaikindo, saat dihubungi, Jumat (24/8/2018).

Suzuki Ignis Sport – dok.Motoris

Nilai lebih lain, citycar itu dibanderol di rentang Rp 144,5 – 164,5 juta. Harga ini dinilai tepat untuk menjaga ambang batas psikologis konsumen. Sebab, saat ini rentang harga citycar di Indonesia antara  Rp 144 – 200 jutaan. Ignis termasuk salah satu yang menyediakan harga di batas paling bawah alias murah, sedangkan termahal Nissan March.

Saat ini Nissan March 1.5 A/T yang dijual dengan harga Rp 224, 4 jutaan. “Sedangkan, citycar terlaris kedua di pasar Indonesia yakni Honda Brio harganya di rentang Rp 165 – 180 juta. Jadi masih ada disparitas yang cukup menjadi pertimbangan konsumen. Apalagi, status Brio sebagai mobil LCGC (murah ramah lingkungan), sedangkan Ignis tanpa embel-embel itu,” paparnya.

Pengujung tahun
Hanya memang, di sisa bulan yang ada pada tahun 2018 ini, tantangan yang dihadapi Ignis juga tak ringan. Honda menyodorkan All New Brio RS dengan ubahan yang cukup menarik. Pertempuran antara dua merek ini akan ditentukan di bulan-bulan akhir menjelang tutup tahun atau di pengujung tahun.

Suzuki, kata sang sang kolega, wajib waspada karena Honda telah membenahi jagoannya. Brio paling anyar itu kini naik kelas dengan pintu belakang yang tak berupa kaca lebar seperti sebelumnya. Pintu ini persis seperti city car pada umumnya. Terlebih raut mukanya juga mendapatkan sentuhan ubahan sehingga lebih segar dan kabin terkesan lebih lapang.

All New Brio diperkenalkan di GIIAS 2018 – dok.Istimewa

“Artinya, pertarungan antara Ignis dengan Brio kini semakin panas,” imbuh sang kolega.

Data Gaikindo menunjukan, sepanjang tahun 2017 lalu Ignis mendominasi pasar citycar dengan total penjualan 14.157 unit. Sedangkan di semester pertama tahun ini, meski di Februari sempat melambat, penjualan Ignis masih oke, dengan menggenggam 50,4% pangsa pasar. Sepanjang kurun waktu itu, SIS berhasil melego 8.245 unit Ignis. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This