Generasi Kedua Juke Sedang Diproses, Tampang Masih Nyeleneh

Generasi Kedua Juke Sedang Diproses, Tampang Masih Nyeleneh
Gambaran penampakan Nissan Juke gen.2 (Autocar)

London, Motoris – Nissan menyiapkan generasi kedua crossover Juke, yang laku di Eropa, namun bonyok di Indonesia. Juke baru dipastikan berbeda dari model saat ini, dengan garis bodi tegas dan khas mobil ini.

Didesain oleh studio Nissan London, Juke baru segera dipamerikan dalam beberapa bulan ke depan dan mulai diproduksi 2019. Juke anyar tidak mirip dengan konsep IMx yang dipajang di Tokyo Motor Show 2017 atau mobil listrik Leaf. “Juke ibarat bintang perkotaan dengan kelakuan ‘nakal’,” ujar bos desain global Nissan Alfonso Albaisa seperti dilansir Autocar, Selasa (28/8).

Alfonso memastikan, Juke akan tetap eksis, sehingga otomatis rumor yang menyebutkan mobil ini bakal mati keliru. Dia menilai, Juke adalah mobil yang sangat cool dan punya karakter kuat.

Dari foto proyeksi Juke anyar yang dipajang Autocar, kita bisa melihat tampangnya masih nyeleneh, khas mobil ini. Tapi jujur, yang ini lebih macho ketimbang versi lawas. Kita bisa lihat grille-nya lebar dan kemungkinan besar mengadopsi identitas global Nissan, V-Motion. Itu lampu sipit kemungkinan DRL-nya, sedangkan lampu utama di bawah, seperti Mitsubishi Xpander. Air scoop tiga biji ada di bawah grille. Bentuk kap mesin asyik, yakni menanjak dari grille kemudian rata. Otot-otot di kap mesin seksi dan bikin ngiler.

Baca Juga: Mobil Listrik Nissan Khusus Pasar Cina Cakep Juga 

Nissan Juke Nismo (Autocar)

Lanjut ke samping. Ada garis tipis dari DRL yang membujur ke spoiler. Fender luar disepuh hitam, seperti crossover masa kini. Bentuk pelek cadas, dengan kelir hitam. Pilar A berwarna hitam, demikian dengan atapnya. Kaca spion juga disepuh hitam. Lampu sein kemungkinan ada di situ.

Sayang, bokong mobil ini tak kelihatan. Tapi sepertinya seksi dan menjulang. Ini sesuai dengan bentuk bodi mobil yang bantet bak binatang yang siap menerkam.

Juke baru akan dibangun di atas sasis V-platform milik aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, yang digunakan Renault Clio dan Nissan Micra. Di Eropa, Juke kemungkinan meninggalkan mesin bensin NA. Sebaliknya, Juke kemungkinan memakai mesin bensin 898 cc, tiga silinder dan 1.197 cc, empat siliinder, turbo yang kini dipasang di Micra alias March dan Qashqai. Tenaga dua mesin itu berkisar 90-115 hp.

“Mesin diesel 1,5 liter bertenaga 110 Hp kemungkinan dihadirkan juga di Juke, sedangkan penggerak semua roda bisa jadi masih digunakan untuk varian otomatis tertinggi,” tulis Autocar.

Generasi pertama Juke dipajang di Geneva Motor Whos 2010 dan membuat mobil ini populer. Setiap tahun, mobil ini rata-rata terjual 100 ribu unit di Eropa. (gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. “Xpander Masih Sakti, Xenia Malah Enggak Bunyi.”

CATEGORIES
TAGS
Share This