Limosin Rusia yang Bisa Jadi Alternatif Mobil Dinas Jokowi

Limosin Rusia yang Bisa Jadi Alternatif Mobil Dinas Jokowi
Limosin Senat buatan merek mewah asal Rusia Aurus di Moscow Motor Show 2018 -dok.Autocar

Moskow, Motoris – Setelah hanya diperuntukan bagi Presiden Valdimir Putin, merek mobil mewah baru asal Rusia, Aurus, akhirnya meluncurkan limosin Senat untuk konsumen umum. Mobil yang diluncurkan di hajatan Moscow Motor Show 2018 ini mulai diproduksi secara massal dan dipasarkan pada tahun 2019 nanti.

Seperti dilaporkan laman RTF, AFP, dan Autocar, mobil yang dikembangkan oleh merek milik Central Scientific Research Automobile dan Automotive Engine Institute Rusia (NAMI) itu diklaim tak Cuma kebal terhadap berondongan peluru dan semburan api, tetapi juga tahan dari ledakan rudal balistik. Maklum, mobil yang pertama kali tampil saat pelantikan Presiden Putin pada awal tahun 2018 tersebut, proses pengembangannya langsung dipantau sang presiden.

Putin tak ingin menggunakan mobil dinas yang biasa-biasa saja. Lantaran itulah, aspek keamanan dan kenyamanannya menjadi urusan nomor wahid.

Untuk mesin, NAMI bekerjasama dengan Porsche AG. Ada dua varian mesin yang dikembangkan. Pertama, mesin 4.4 liter V8 yang dipadu dengan motor listrk hybrid dan bertenaga 590 hp.

Aurus Senat mobil dinas Presiden Vladimir Putin – dok.Autoblog

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi sembilan tingkat percepatan. Varian ini mampu berakselerasi dari posisi diam atau 0 kpj ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo kurang dari 6 detik.

Varian kedua adalah mesin 6.6 liter V12. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 848 hp.

Pesaing Rolls-Royce
Mobil yang disebut sebagai pesaing berat Rolls-Royce ini memiliki dimensi panjang 5.630 mm, lebar 3.300 mm dan tinggi 6.630 mm. Dia menggunakan sistem penggerak empat roda (4WD) dan sistem suspensi independen multi-link dengan model peredam gas.

Aurus membuat kenyamanan penumpang yang tinggi. Jok belakang bisa direbahkan hingga sudut kemiringan 45 derajat. Bahkan, untuk urusan kenayaman ini, pabrikan juga membuka opsi kustomisasi personal pemesan.

Dashboard Aurus Senat yang diluncurkan di Moscow Motor Show 2018 – dok.VoslzNelas

Di bagian belakang juga terdapat lemari es dengan sentuhan kristal serta meja berlapis kulit kelas wahid. Dan satu hal lagi, kekedapan suara di bagian kabin bisa terbilang sangat sempurna. Bahkan di saat malam hari, penumpang bisa dengan jelas melihat kondisi sekitar mobil meski dalam keadaan gelap.

Dengan serangkaian keunggulan keamanan dan kenyamanan tersebut, tentu layak menjadi sebuah mobil kepresidenan, Tak terkecuali bagi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Saat ini Jokowi menggunakan mobil Mercedes-Benz S-Class Pullman Guard yang juga memiliki sistem pengaman kebal peluru dan ledakan granat. Mobil ini dibekali mesin V12 berkapasitas 5.0 L Twin Turbo yang bertenaga 517hp dan torsi 830 Nm.

Mobil dinas presiden ini juga memiliki fitur pengaturan udara segar, sistem control pneumatic. Dan satu hal lagi, panic alarm jika terjadi acaman keamanan. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This