Honda Mulai Kerek Banderol CBU Impor

Honda Mulai Kerek Banderol CBU Impor
Honda Civic Type R diimpor CBU dari Jepang, juga ikut naik harganya. dok. Rajamobil.com

Jakarta, Motoris – Efek penguatan nilai tukar mata uang dollar AS terhadap rupiah ternyata jadi badai buat Honda. Sejak rupiah melemah pekan lalu, PT Honda Porspect Motor (HPM) sontak bereaksi, langsung mengerek banderol beberapa model.

Pukulan telak, terasa pada model-model yang diimpor utuh alias completely built up (CBU) yang masih banyak dijual Honda di Indonesia. Sebut saja semua model sedan Honda, seperti City, Civic, dan Accord yang dipasok Thailand. Termasuk Civic Type R buatan yang dikirim dari Jepang.

“Naik rata-rata sekitar satu persen sejak pekan lalu,” kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Buat model selain CBU, kata Jonfis, belum tentu tidak terkerek juga. Tapi, bukan sekarang.

Baca juga: Harga Brio Anyar Makin Mahal Rp 10 Juta

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. “Hyundai Ditamntang Produksi Sedan di Indonesia. “

“Kalau yang diproduksi di Indonesia, belum kita naikan harganya. Kalau itu kita masih bisa tahan dulu, tetapi untuk yang CBU tidak bisa, jadi kita langsung naikan harganya,” ujar Jonfis.

Harapan Jonfis, kondisi ekonomi yang sedang bergejolak segera berakhir. Kejadian seperti ini, kata dia memang tidak satu atau dua kali, tetapi sudah sering terjadi dan Honda pun tidak serta merta langsung mengerek harga jual.

“Pasti kebiasaan kita itu melihat dulu, kita palajari dulu, jika sudah tidak masuk akan mau tidak mau kita menyesuaikan dengan kondisi,” ungkap Jonfis. (kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This