Tes Tabrakan, Suzuki Jimny Anyar Ternyata Mengecewakan

Tes Tabrakan, Suzuki Jimny Anyar Ternyata Mengecewakan
Perlindungan airbag dan sistem pengereman otomotis di Suzuki Jimny dinilai kurang maksimal - dok.News18.com

Brussels, Motoris – SUV legendaris Suzuki yang tengah banyak dibicarakan orang di berbagai belahan dunia ternyata memiliki aspek keselamatan yang tak seharum namanya. Hasil pengujian oleh lembaga pengujian mobil baru di Eropa atau Euro NCAP menunjukan, SUV mungil ini hanya mendapatkan rating bintang tiga.

Seperti dilaporkan laman resmi Euro NCAP, Kamis (20/9/2019), Suzuki Jimny varian 1.5L GLX yang dites tabrak depan dan samping itu terbukti hanya memberikan kemanan hingga tingkat 73% bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak hanya 84%.

Sementara, untuk fitur bantuan keselamatan khususnya sistem pengereman otomatis, prosentasenya malah jeblok yakni hanya 50%. Begitu pun dengan aspek keamanan terhadap pejalanan kaki, hanya 52%.

“Hasil pengujian mendapatkan bukti, airbag di sisi pengemudi tidak mengembang dengan tekanan yang cukup untuk mencegah kepala agar pengemudi terhindar dengan benturan setir. Sedangkan kekuatan pilar pintu untuk menahan benturan dari depan maupun samping juga kurang,” bunyi pernyataan EuroNCAP.

Baca juga: Di Jepang Jimny Terpesan 15.000 Unit Lebih

Hasil Tes Tabrak Suzuki Jimny Hanya tiga bintang saja – dok.India Car News

Sementara itu, sistem pengereman darurat otonom (AEB) saat dites ternyata lemah dalam menghindarkan serudukan mobil ke pejalanan kaki maupun pesepeda. Padahal, tes dilakukan pada siang hari dan mobil tidak dijalankan dalam suasana intensitas cahaya yang rendah atau malam hari.

“Sistem tidak dapat bereaksi terhadap pengguna jalan yang bergerak cepat seperti pengendara sepeda,” tulis lembaga yang berdiri sejak 1997 di Brussels, Belgia, itu.

Direktur Penelitian di Thatcham Research, Belgia, Matthew Avery, menyebut hasil tes ini kontrakdifktif dengan tampilan Jimny yang gagah dan macho. Padahal, kata dia, sebagai kendaraan yang relatif baru diluncurkan dengan gaya desain yang gagah serta positioning-nya sebagai kendaraan sport serbaguna, mestinya aspek keamanan dan keselamatan juga sepadan.

Baca juga: Kikis Cap Tukang Impor, Bulan Ini Suzuki Pacu Ekspor

Suzuki Jimny saat menjalani tes uji tabrak depan oleh EuroNCAP – dok.Top Gear Philippines

“Sebagai mobil baru, mestinya Jimny menyuguhkan fitur perlindungan yang jauh lebih baik bagi pengguna saat terjadi kecelakaan. Teknologi keamanannya tidak berfungsi optimal. Padahal, konsumen seharusnya mendapatkan sesuatu yang lebih layak dalam hal keamanan pasif maupun aktif,” paparnya seperti dilansir The Economic Times. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. “Hyundai Jadi Investasi di Indonesia, Kapasitas Pabriknya Gede.”

 

CATEGORIES
TAGS
Share This