Suzuki Goda Dunia dengan Versi Baru Katana

Suzuki Goda Dunia dengan Versi Baru Katana
Ilustrasi, pengendaraan Suuki Katana terbaru - dok.Visordown

Cologne, Motoris – Suzuki Motor Corporation meluncurkan roadster Katana di pameran sepeda motor internasional, Intermot di Cologne, Jerman, 2-7 Oktober 2018. Seperti namanya ‘Katana’ yang berarti pedang, motor ini memiliki gaya desain khas avant-garde berpadu dengan teknologi kontemporer, sehingga menguatkan kesan tajam, setajam pedang baja.

Seperti dilaporkan Motorcycling dan Cycleworld News, Selasa (3/10/2018), kehadiran Katana versi anyar ini memantik rasa ingin tahu pengunjung Intermot. Maklum, versi pertamanya, yakni Katana GSX1100S yang juga dipamerkan di Cologne Motor Show pada 1980, langsung membetot perhatian pengunjung dan penggemar motor dunia.

Bedanya, tampilan Katana versi baru ini lebih ramping. Laman Visordown menulis, ukuran tangki bahan bakar kini lebih kecil. Dengan kapasitas 12 liter, dikhawatirkan para penunggan motor harus mampir ke SPBU untuk isi bahan bakar saban menempuh jarak 145 kilometer.

Redesain tangki ini diduga kuat didasari alasan untuk meningkatkan aspek aerodinamis. Pasalnya, tingkat hambatan motor juga lebih kecil.

Baca juga: Honda Monkey Anyar Sudah di Depan Indonesia

Jok yang dibuat nyaman menjadikan posisi riding yang tepat – dok.Visordown

“Namun, posisi duduk pengendara yang terlihat sedikit lebih tegak- karena jok dibuat lebih nyaman – menjadikan Katana baru ini cocok sebagai alat untuk wheelie. Selain itu, nyaman untuk berkeliling kota,” tulis laman itu.

Sementara itu, tampilannya mencuatkan kesan dinamis karena lebih menonjolkan garis-garis tajam. Lampu utama dibuat tersambung menyatu dengan shroud menegaskan diri seperti motor roadster zaman dulu, namun kental dengan sentuhan modern. Terlebih, lampu ini telah menggunakan LED.

“Lampu utama LED yang ditumpuk secara vertikal dan lampu posisi LED  dengan sentuhan garis di bagian-bagian yang mirip tepi dari pedang Jepang. Walhasil, sepeda motor ini memiliki wajah khas yang mengekspresikan Katana (pedang baja Jepang),” bunyi pernyataan resmi Suzuki seperti dilansir situs resminya.

Baca juga: Tekuk Kawasaki, Penjualan Suzuki Makin Tancap Gas

Suzuki Katana versi baru – dok.Visordown

Masa depan Suzuki
Katana baru ini diklaim sebagai motor pertama di Suzuki yang menggunakan fender belakang bergaya satelit, memanjang dari lengan ayun. Dengan rancang bangun ini, maka penempatan lampu sein dan plat nomor yang jauh lebih rapi, sehingga motor terkesan benar-benar kompak dan bersih.

Dia dibekali mesin 999 cc empat silinder segaris dan berpendingin cairan. Mesi diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 150 hp pada 10.000 rpm, dan torsi 108 Nm pada 9.500 rpm.

Motor yang akan diproduksi di pabrik Hamamatsu, Jepang, itu rencananya dijual di pasar global musim semi 2019.  Sederet fitur canggih diyakini menjadi magnet daya tarik tersendiri bagi motor ini. Sebut sebagai contoh kontrol traksi tiga-mode, peranti pengereman brembo radial mount kaliper rem dan dilengkapi Antilock Braking System (ABS) Bosch, perangkat suspensi garpu upside down, daytime running light (DRL), dan lainnya.

Baca juga: Saat Suzuki Thunder Disulap Jadi Chopper Old School

Suzuki Katana Terbaru yang dibyong ke pameran motor internasional, Intermot 2018 – dok.Visordown

Dimensi panjangnya 2.215 milimeter (mm) lebar 830 mm, dan tinggi 1,110mm. Beratnya 215 kilogram, sedangkan wheelbase-nya 1.460 mm.

“Katana baru ini merupakan demonstrasi besar dari masa depan Suzuki. Karena kami ingin mempertahankan persepsi pelanggan kami, sehingga kami membawa sepeda motor yang inovatif dan menarik bagi orang-orang di seluruh dunia,” ungkap Presiden Suzuki Motor Corporation, Toshihiro Suzuki. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Honda Monkey Anyar Sudah di Depan Indonesia.”

 

CATEGORIES
TAGS
Share This