Mesin Sejumlah Honda CR-V 1.5 Turbo Bermasalah

Mesin Sejumlah Honda CR-V 1.5 Turbo Bermasalah
Honda CR-V 1.5 Turbo mengalami masalah di mesin - dok.AutoGuide

Detroit, Motoris – Honda Motor di Amerika Serikat dikabarkan tengah serius menyelidiki masalah ‘ngadatnya’ mesin Honda CR-V varian 1.5 Turbo yang marak terjadi di negeri itu. Masalah ini kemudian disinyalir juga sama dengan persoalan yang terjadi di Cina berujung ditariknya ratusan ribu unit mobil tersebut, Februari lalu.

Lembaga nirlaba perlindungan konsumen Consummerreport.org, di situs resminya, akhir pekan lalu menyebut masalah ini mulai terungkap saat salah seorang pemilik mobil yang tinggal di Minessota, Kurt Witzig, mengaku Honda CR-V 1.5 Turbo miliknya mogok. Saat itu – di awal Januari- mesin mobil tiba-tiba mati saat dikemudikan di jalan.

Witzig mencoba menghidupkan kembali mesin kendaraannya itu, namun gagal. Tak hanya sekali dua kali dia mencoba, tapi, sebanyak itu pula dia tak berhasil. “Padahal, mobil Witzig baru dia beli dalam kondisi baru kurang dari empat bulan,” bunyi pernyataan Consummer Report.

Memang, Witzig akhirnya bisa menyalakan mesin mobil itu dan berhasil membawanya ke diler terdekat. Tapi, sepanjang perjalanan laju mobil tak lebih dari 30 kilometer per jam alias sangat loyo tak berdaya.

Baca juga: Honda Recall 10.000 Unit CR-V di Indonesia

Ilustrasi, logo Honda – dok.aksam.com.tr

Setelah tiba di diler, ternyata para mekanik tak berhasil mendeteksi apa akar masalah tersebut. Dan jawaban seperti itu tak hanya sekali dia terima saban menanyakan ke bengkel diler, setelah mobil tersebut menginap di diler beberapa hari.

Merugi
Saking kesalnya, Witzig akhirnya melego Honda CR-V 1.5 Turbo miliknya itu dan membeli Toyota RAV4. Meski dia harus menanggung kerugian, karena harga penjualan di bawah standar. Masalah pun akhirnya tersebar hingga masuk ke Consummer Report.

“Honda telah menyelidiki situasi dan mencari cara perbaikannya. Kami harapkan solusi melalui diler resmi Honda sudah tersedia pada pertengahan November nanti. Perbaikan bagi mobil yang masih dalam garansi akan diberikan secara gratis. Dan unit-unit yang belum terjual dipastikan bebas dari masalah tersebut,” papar Juru Bicara Honda Amerika, Chris Martin kepada Consummer Report.

Setelah kabar menyeruak, ratusan pemilik Honda CR-V 1.5 Turbo ramai-ramai melaporkan masalah yang sama kepada Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat. Kini lembaga tersebut juga bergerak melakukan penyelidikan.

Baca juga: Honda Mulai Kerek Banderol CBU Impor

Bermasalah, Honda CR-V 1.5 Turbo diselidiki di Amerika Serikat – dok.Consummer Report

Seperti dilaporkan Autoguide dan Global Autonews, para penyelidik menemukan indikasi merembesnya minyak pelumas atau oli ke saluran bahan bakar ke mesin. Akibatnya, proses pembakaran tak bisa berlangsung sempurna dan mesin pun ‘ngadat’. Kalau pun bisa hidup dan berjalan,  laju mobil menjadi lemot.

Sebelumnya, ratusan pemilik mobil yang sama di Cina mengunggah permasalahan mereka ke media sosial Weibo, pada Februari lalu. Mereka mengeluhkan masalah serupa. Mesin Honda CR-V 1.5 Turbo itu ‘ngadat’.

Akibatnya, 350.000 unit Honda CR-V itu bersama Honda Civic ditarik. Honda di Negeri Tirai Bambu itu berjanji memperbaikinya. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Nissan Indonesia Ketiban Berkah Mitsubishi. “

CATEGORIES
TAGS
Share This