Rawan Terbakar, BMW Tarik 1,6 Juta Mobil

Rawan Terbakar, BMW Tarik 1,6 Juta Mobil
Logo BMW - dok.Industry Week

Munich, Motoris – BMW Group meyatakan tengah dan akan menarik sejumlah model buatanhya yang bermesin diesel dengan total 1,6 juta unit yang berada di Eropa maupun Asia. Penarikan ini dilakukan untuk memperbaiki kebocoran pada glikol pada EGR (Exhaust-Gas-Recirculation) Cooler yang berpotensi mengakibatkan panas dan bara, hingga kebakaran.

Seperti dilaporkan laman Associated Press, dan The Drive, Selasa (23/10/2018), awalnya pabrikan asal Munich, Jerman, ini hanya memperbaiki 480.000-an unit model BMW bermesin diesel di Eropa dan Asia karena masalah tersebut. Namun, setelah tim BMW menganalisa kasus-kasus yang terjadi di luar kasus yang tengah mereka tangani, ternyata menemukan gejala yang sama di model serupa namun di luar daftar yang harus ditarik.  Pemeiksaan ini dilakukan pada medio Agustus lalu.

Berangkat dari temuan inilah, BMW Group akhirnya memutuskan untuk memperluas kampanye perbaikan. “Perluasan ini merupakan tujuan BMW Group untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam produk kami,” bunyi keterangan resmi pabrikan.

Walhasil, total mobil yang ditarik untuk diperbaiki mencapai 1,6 juta unit. Mobil itu diproduksi pada Agustus 2010 hingga Agustus 2017.

Kantor BMW – dok.CarSifu

Soal inti masalah yang terjadi, BMW menyebut endapan jelaga dan suhu tinggi yang biasanya munul di modul EGR berpotensi mengakibatkan partikel-partikel memanas dan membara. Itu terjadi akibat kebocoran di EGR. Jika tak segera ditangani, kebocoran itu menyebabkan mencairnya intake manifold, sehingga memicu terjadinya kebakaran.

Di Korea
Sementara itu, kantor berita Yonhap menyatakan, di Korea Selatan jumlah mobil BMW bermesin diesel yang ditarik akibat permasalahan ini hampir 66.000 unit. Kementerian Transportasi negeri itu mengatakan, proses perbaikan yang dijanjikan BMW dimulai pada 26 November mendatang.

“Jumlah mobil yang ditarik sebanyak 65.763 unit, meliputi 52 model yang berbeda untuk kemudian diperiksa oleh mekanik BMW,” bunyi pernyataan Kementerian.

Diantara 52 model yang ditarik itu sebanyak 7.222 unit diantaranya adalah mobil kompak BMW 118d dan 23.559 Mini Cooper Ds. Keduanya diketahui bermasalah pada pendingin dan pipa resirkulasi gas buang.

Sedan BMW 520d model 2017 – dok.Autos.udn.com

Pabrikan mengakui masalah itu menjadi penyebab utama kebakaran lusinan BMW 520d yang terkadi di beberapa waktu terakhir.Kejadian itu dilaporkan terjadi sejumlah kota di Korea Selatan. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This