Kayak Pesawat, Angkutan Umum Wajib Pasang “Black Box”

Kayak Pesawat, Angkutan Umum Wajib Pasang “Black Box”
Ilustrasi, kecelakaan yang melibatkan angkutan umum bus - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Kementerian Perhuhubugan (Kemenhub) akan menerapkan aturan baru yang mewajibkan angkutan memasang GPS dan balck box. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kerja angkutan umum optimal dan memaksimalkan aspek keselamatan.

“Kedepan semua angkutan umum, wajib pasang GPS dan juga aplikasi black box. Kalau sudah begitu kita bisa pantau semua aktivitas dan informasi dari kendaraan umum tersebut,” tutur Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani, belum lama ini.

Yani menjelaskan pihaknya masih terus menyusun draf regulasi tersebut. Untuk sementara, perusahaan angkutan umum diwajibkan dulu mengikuti regulasi Sistem Menajemen Keselamatan (SMK) yang sudah dikeluarkan melalui Permenhub Nomor 85 Tahun 2018.

Melalui beleid ini, setiap penyelenggara transportasi umum diwajibkan menyertakan SMK sebagai salah satu dasar utama perizinan. Bagi penyelenggara yang sudah lebih dulu mendapat izin, harus mengurus SMK selambatnya sampai akhir tahun ini.

Ilustrasi bus di terminal – dok.Sindonews.com

Sedangkan yang baru wajib memiliki SMK lebih dulu untuk membuat izin. Saat ini pemerintah masih melakukan sosisalisasai aturan tersebut. Setelah tahap itu selesai, pemberlakuan segera ditetapkan.

“Akan kita dorong secepatnya, untuk black box itu bukan wacana karena saat ini drafnya sedang kita godog bersama. Bahkan black box-nya juga sudah ada. Jadi kita laksanakan dulu komitmen bersama dengan SMK, lalu nanti arahnya ke pemantauan,” terang Yani. (Sql).

 

CATEGORIES
TAGS
Share This