AHM Temukan Cara Turunkan Harga Forza Hingga Rp 10 Juta

AHM Temukan Cara Turunkan Harga Forza Hingga Rp 10 Juta
Honda Forza 250 di Jakarta dibanderol Rp 76,5 juta on the road - dok.AHM

Jakarta , Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan harga resmi Honda Forza, yakni Rp 76,5 juta (on the road DKI Jakarta). Skutik premium ini diklaim akan memberikan kebanggaan sekaligus kesenangan berkendara melalui teknologi canggih di kelas 250 cc.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengakui, harga itu di atas ancar-ancar AHM sebelumnya, Rp 70 jutaan. Ini terjadi lantaran depresiasi rupiah terhadap dolar AS. Dengan harga itu, dia menyatakan, agak berat bagi Forza untuk bertarung dengan Yamaha Xmax yang harganya Rp 58 juta. Agar bisa bersaing dengan skutik gambot Yamaha itu, selisih harga Forza idealnya Rp 10 jutaan.

“Kami akan pikirkan strategi lain untuk memangkas harga Forza. Salah satunya dengan lokalisasi,” ujar dia di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Dengan lokalisasi, dia menerangkan, harga bisa Forza bisa turun Rp 10 juta. Sayang, dia belum dapat memastikan kapan rencana ini dieksekusi. Sebab, AHM harus melakukan riset dan pengembangan dahulu minimal 2-3 tahun sebelum merakit suatu motor.

Waktu itu pula, kata dia, yang dibutuhkan AHM untuk melokalisasi PCX 150, yang sebelumnya didatangkan dari Thailand, kemudian Vietnam. Kini, PCX 150 sukses di Tanah Air dan mampu bersaing dengan jagoan Yamaha NMAX.

Baca juga: Pesaing Yamaha XMax dari Honda Ini Dibanderol Rp 76,5 Juta

Skutik besar Honda Forza 250 dipamerkan di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang berlangsung 31 Oktober – 4 November 2018 – dok.Motoris

“Kalau kami memikirkan lokalisasi Forza tiga tahun lalu, mungkin sekarang sudah bisa. Tetapi, yang kami pikirkan kala itu adalah PCX dan terjadilah PCX rakitan lokal,” papar dia.

Honda Forza kali pertama ditunjukkan di depan publik Indonesia pada momen Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, pada Agustus lalu. Hingga kini, jumlah pemesanan motor yang diimpor dari Thailand ini mencapai 889 unit hanya dalam periode dua bulan.

Forza mengusung mesin berperforma tinggi di kelasnya, yakni 250 cc, SOHC, berpendingin cairan PGM FI. Jantung pacu ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 17,3 kW pada 7.500 rpm. Pada bagian pengereman, Forza dibekali cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2channel.

Model ini juga dilengkapi Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan answer back system. Ada DC socket pada rak bagian depan demi mendukung mobilitas pengendara. Fitur pendukung seperti passing lamp dan lampu hazard juga menjadi salah satu kelebihan.

Honda Forza tersedia dengan tiga warna eksklusif, yaitu putih, silver, dan hitam. AHM akan melakukan distribusi Forza mulai November 2018. (Gbr).

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, TWITTER @MotorisID, FB Page @MotorisIndonesia, buat info dan grafis terkini lainnya. “Honda Indonesia Pastikan CRF250 Aman dari Recall.”

CATEGORIES
TAGS
Share This