Pencapaian Target Baru Setengah, Wuling Indonesia Tancap Gas

Pencapaian Target Baru Setengah, Wuling Indonesia Tancap Gas
dok.Motoris.id

Jakarta, Motoris – PT SGMW Motor Indonesia atau Wuling Motors Indonesia tahun ini kembali berpartisipasi mengikuti gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di Medan yang berlangsung 31 Oktober – 4 November 2018.

Langkah ini merupakan salah satu upaya Wuling Motors menggenjot penjualan seperti yang telah ditargetkan.
Seperti dilansir dalam keterangan resmi Wuling Motors, Rabu (31/10/2018) seperti pameran serupa yang diikuti sebelumnya, di GIIAS 2018 Medan kali ini Wuling juga menawarkan sejumlah program dan iming-iming yang menarik.

“Wuling turut menawarkan beragam hadiah menarik, dengan tanda jadi senilai Rp 5 juta bagi pengunjung yang melakukan pembelian selama masa pameran, konsumen berhak mengikuti lucky dip dengan aneka hadiah menarik. Mulai dari smartphone, logam mulia, peralatan elektronik, dan beragam hadiah menarik lainnya tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” bunyi pernyataan Wuling Motors Indonesia.

Di hajatan ini, Wuling bersama mitra dilernya, PT Arista Jaya Lestari, menyuguhkan seri Wuling Confero dan Wuling Cortez. Selain itu mobil listrik imut Wuling E100.

Baca juga: Pasar LCGC Susut, Diduga Karena Wuling dan Kredit Macet

Wuling Confero S Edisi Khusus Satu Tahun Wuling di Indonesia – dok.Istimewa

Namun, yang pasti, GIIAS 2018 di Medan yang digelar di pengujung tahun ini sekaligus menjadi salah satu celah bagi Wuling untuk mengejar taget. Maklum, seperti dikatakan Vice President of Vehicle Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, Cindy Cai, di Hotel Kempinski, Jakarta, 8 Februari lalu, tahun ini penjualan ditargetkan mencapai 30.000 unit.

Cindy berbicara angka itu setelah hadirnya varian MPV baru Wuling Cortez. MPV medium yang bersaing dengan Kijang Innova ini, menemani low MPV Wuling Confero.

“Dengan adanya dua model baik dari Confero maupun Cortez kami targetkan penjualan tahun ini bisa mencapai 30.000 unit,” ujar dia saat itu.

Kurang dari setengah
Namun, data yang diberikan oleh kolega Motoris di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan sepanjang Januari-September lalu penjualan Wuling Motors baru mencapai 12.317 unit. Tentu, jumlah di rentang waktu sembilan bulan pertama ini, masih kurang dari setengah besaran target.

Jumlah ini terdiri dari penjualan Wuling Confero yang sebanyak 8.047 unit dan Wuling Cortez 4.270 unit. Tetapi, jangan dilihat dari angka ini saja. Tetapi juga harus dilihat pula, kondisi makronya.

“Di kurun waktu sembilan itu, penjualan low MPV naik 15,24% dengan total penjualan 212.199 unit dengan pangsa pasar 24,78%. Tapi tidak semua low MPV dari merek-merek yang ada menyumbang kenaikan ini. Hanya ada tiga saja yang memberi kontribusi kenaikan, yaitu Xpander, Ertiga, dan Wuling Cofero,” papar sang kolega saat dihubungi, Rabu (31/10/2018) malam.

Begitu pun dengan Wuling Cortez, penjualannya cukup oke yang menunjukan tren positif. Sedangkan pesaingnya, yakni Toyota Innova, meski mencengkeram 79,55% pangsa pasar MPV medium dengan total penjualan 41.502 unit, namun tren penjualannya turun.

Wuling Cortez saat dites jalan – dok.Motoris

“Innova penjualannya yang sebaanyak itu susut 6,32% dibanding Januari-September 2017 yang sebanyak 44.304 unit,” terang sang kolega.

Masih lumayannya citra merek Wuling juga tak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan Wuling Motors Indonesia. Data yang dilansir Sigi Kaca Pariwara, Sabtu (20/10/2018), tak kurang dari Rp 39,48 miliar digelontorkan Wuling untuk beriklan. Angka ini terbesar kedua setelah guyuran dana Mitsubishi Motors yang mengiklankan Xpander.

Tak hanya itu, seperti yang dilansir di situs resminya, sepanjang 1-31Oktober lalu merek asal China ini menawarkan uang muka (down payment atau DP) 0% dan bunga 0%. DP 0% diperuntukan bagi kredit dengan tenor maksimal 7 tahun dan berlaku di 16 kota.

Sedangkan program bunga 0% ditawarkan di 32 kota/jaringan diler Wuling. Syaratnya, konsuen menyetor 30%DP dan dengan tenor 1 tahun untuk kredit Wuling Confero dan 1 tahun untuk Wuling Cortez. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This