Yamaha Tenere 700, Betot Perhatian di EICMA 2018

Yamaha Tenere 700, Betot Perhatian di EICMA 2018
Yamaha Tenere 700 diperkenalkan di EICMA 2018 - La Stampa

Milan, Motoris – Yamaha Motors akhirnya meluncurkan motor motor adventure bermesin 700 cc – Yamaha Tenere 700 – di ajang pameran sepeda motor dunia, EICMA 2018 – yang kini tengah berlangsung hingga 12 November di Milan, Italia. Penjualannya akan dimulai pada kuartal kedua 2019.

Seperti dilaporkan laman Motorcyclenews dan Maxabout, Jumat (9/11/2018), kehadiran Yamaha Tenere ini langsung membetot perhatian pengunjung pameran bergengsi di dunia itu. Maklum, keberadaannya akan mengisi seruk pasar yang relatif kosong di jajaran moge adventure yang dijajakan di Eropa dan Amerika.

Lebih dari itu, spesifikasi dan performa yang ditawarkan juga cukup menarik. Mesin 689 cc parallel twin yang diusungnya mampu menyemburkan tenaga hingga 72 hp dan torsi maksimum 67,8 Nm.

Mesin dan gaya desain bodi yang ringkas menawarkan daya tarik tersendiri. Terlebih dukungan teknologi kekinian yang menopang kemudahan bagi pengendara ditonjolkan Yamaha. Sebut sebagai contoh, empat lampu LED dan layar LCD berwarna terang, serta peranti GPS yang membuat aksi petualangan semakin mudah dilakukan.

Baca juga: FreeGo, Skutik Baru Yamaha Dibanderol Mulai Rp 18,5 Juta

Saat pengujian prototipe Yamaha Tenere 700 – dok.Insella.it

Contoh lainnya, tangki bahan bakar yang berkapasitas 16 liter. Keberadaan tangki dengan kapasitas sebanyak ini tentu menjadi jaminan keamanan persediaan bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh atau di wilayah yang jauh dari kota.

Motor dengan chassis tubular steel double cradle menggunakan suspensi preload-adjustable link-type monoshock travel 200 mm di roda belakang. Sedangkan roda depan menggunakan garpu upside-down 43 mm.

Ban depan berukuran 21 inci. Sedangkan ban belakang lebih kecil yakni berukuran 18 inci. Hal ini dimaksudkan agar motor bisa dengan mulus melewati lintasan ekstrem seperti off-road. Peranti pengeremannya menggunkan besutan rem Brembo 282 mm dan belakang 245 mm.  Bahkan, Yamaha mengimbuhinya dengan perangkat ABS.

Hanya, hingga kini, belum ada keterangan apapun tentang harga. Begitu pun dengan wilayah yang akan disasar selain Eropa dan Amerika. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This