Sportage Model Begini Bisa Selamatkan Kia dari Keterpurukan

Sportage Model Begini Bisa Selamatkan Kia dari Keterpurukan
Kia KX5, SUV terbaru Kia yang diluncurkan di Guangzhou Auto Show 2018 - dok.Yonhap

Guangzhou, Motoris – Kia melepas New KX5 di China Guangzhou International Automobile Exhibition ke-16. KX5 adalah Sportage yang didesain untuk pasar Cina.

Seperti dilansir Yonhap News,  Sabtu (17/11), KX5 anyar akan mulai dijual semester I tahun depan. Terus terang, tampang KX5 jauh lebih ganteng dari Sportage global, bahkan versi facelift sekalipun.

Kegantengan itu tepancar dari bentuk lampunya yang ramping horizontal, seperti mobil-mobil masa kini. Adapun lampu sportage kecil.

Bentuk grille-nya juga asyik, kecil dan berpadu apik dengan lampu atas, karena letaknya sejajar. Bandingan dengan Sportage yang grille-nya di bawah lampu.

New KX5 lebih lapang dari versi lawas dan hadir dengan sejumlah fitur keselamatan, seperti forward collision-avoidance assist, lane keeping assist, dan driver attention warning systems.

SUV ini dibekali dua mesin, 2,0 liter bensin dan 1,6 liter bensin turbo. Ada embel-embel fitur hiburan, seperti memutar musik dengan suara.

“Jika supir berkata ngantuk, mobil akan memutar lagu-lagu upbeat dan menyesuaikan jendela untuk menghindari kecelakaan,” tulis Yonhap.

Penjualan Kia terus turun di Indonesia. Setelah mencetak penjualan 12.121 unit pada 2013, penjualan Kia ambles menjadi 8.936 unit, kemudian terjun bebas menjadi 2.814 unit pada 2015. Pada 2016 dan 2017, penjualan Kia masing-masing mencapai 1.442 unit dan tinggal 122 unit tahun lalu.

Kia sudah tak memasok data penjualan lagi ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun ini. Mungkin, kalau Sportage Indonesia bertampang seperti KX5, Kia bisa selamat dari keterpurukan. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This