Mitsubishi Akhirnya Mengaku Mau Impor Pajero Sport

Mitsubishi Akhirnya Mengaku Mau Impor Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport dok. Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengakui mau impor Pajero Sport mulai 2019. Status Pajero Sport jadi CBU terjadi dengan dalih lini produksi di pabrik Bekasi digunakan untuk menggenjot Xpander.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, mengatakan, rencana untuk mengimpor kembali Pajero Sport masih terus dipelajari. Namun, MMKSI sudah mengurus terkait proses perizinan impor.

“Rencana konkretnya bagaimana nanti akan kami beritahu. Apakah iya atau tidak, kita masih pelajari kebutuhannya terlebih dahulu,” kata Irwan saat ditemui di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Namun apakah Pajero Sport impor itu bakal hadir dengan spesifikasi yang sama, dan bisa didatangkan langsung tanpa melakukan uji tipe dan lain-lain, Irwan mengaku belum mengetahuinya.

“Tapi yang namanya prosedur, bisa jadi dilakukan uji ulang. Saya juga tidak tahu detailnya, Intinya, kalau kita mau impor yang memang harus dapat izin segala macam,” kata dia.

Baca juga: Genjot Produksi Xpander, Mitsubishi akan Impor Pajero Sport

Ilustrasi, Pajero Sport – dok.Istimewa

Irwan memastikan, impor tersebut akan berlangsung sementara. Setidaknya, selama pesanan Xpander terpenuhi semua, dan jumlah pemesanan sudah berjalan normal.

“Kalau harga, setiap tahun pasti ada penyesuaian. Tinggal bagaimana strategi setiap merek, termasuk Mitsubishi. Hanya bagaimana kenaikan harga bisa diterapkan, dan berapa kenaikan harga tersebut. Dengan disesuaikan dengan tambahan fitur, jadi setiap tahun mengalami kenaikan,” ucap Irwan.

Pemberitahuan
Sebelumnya kepada Motoris, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Kemenperin, Putu Juli Ardika, mengatakan, pihaknya telah mendapatkan pemberitahuan pengajuan izin impor Pajero Sport oleh Mitsubishi.

“Kami memang mendapatkan pemberitahuan dari Mitsubishi (MMKSI) tentang rencana bisnis di tahun depan. Salah satunya, terkait dengan upaya untuk memperbesar produksi (Mitsubishi) Xpander yang ditujukan ke pasar ekspor. Sebab, seperti disampaikan (MMKSI) bahwa kebutuhan untuk memenuhi pasar ekspor ini naik dari sebelumnya 30.000 unit menjadi 50.000 unit lebih,” paparnya di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Baca juga: Lagi, Mitsubishi Indonesia Recall Pajero Sport

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI

Putu menegaskan kegiatan impor Pajero Sport ini sifatnya sementara, mungkin satu hingga satu setengah tahun hingga kebutuhan untuk memenuhi ekspor Xpander itu stabil. Sedangkan volumenya hingga saat ini belum disampaikan secara pasti.

“Volume itu kemungkinan masih akan melihat kebutuhan ril sesuai permintaan pasar,” kata dia. (Hrp/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This