Kawasaki W800 Street Versi Anyar Segera Entak Dunia

Kawasaki W800 Street Versi Anyar Segera Entak Dunia
Kawasaki W800 versi baru yang dikabarkan bakal dipasarkan di Amerika Serikat - dok.Motorcycle

California, Motoris – Kawasaki Motors di Amerika Serikat diketahui berniat meluncurkan versi anyar motor Kawasaki W800 Street pada tahun 2019 nanti. Sebelumnya, pada tahun 2016 Kawasaki telah menghentikan produksi motor yang mulai dijual pada tahun 2001 itu, dengan alasan tak memenuhi standar emisi.

Seperti dilaporkan laman Motorycle dan Cycle World, Jumat (28/12/2018), rencana itu terkuak setelah bocornya dokumen pendaftaran pengetesan emisi motor tersebut ke California Air Resources Board (CARB). Dokumen itu menyebut Kawasaki memohon agar lembaga tersebut melakukan pengetesan emisi W80 anyar itu apakah sesuai dengan standar global yang tengah berlaku di dunia.

Ada dua kode yakni EJ800BK dan EJ800CK dan akan dibuat dalam rupa bergaya cafe racer. Hanya tak disebutkan kapan persisnya motor bermesin SOHC dua silinder 773 cc berpendingin udara ini mulai dijual. Sumber di internal Kawasaki hanya berujar, potensi motor dengan tampilan retro saat ini terus meluas.

Faktanya, Kawasaki W800 yang prototipenya telah diperkenalkan di ajang EICMA 2018, November lalu itu menggunakan lampu utama LED. Teknologi terkini lampu itu melengkapi tampilan lampu yang berbentuk ulat, khas motor jadul.

Edisi terakhir Kawasaki W800 sebelum produksinya dihentikan pada tahun 2016- dok.Motorcycledaily

Sementara, spidometer yang juga bergaya retro juga menggunakan teknologi digital. Knalpotnya dilapisi krom yang mengesankan kemewahan dan gaya masa lalu.

Begitu pun dengan spion yang dibuat dengan bentuk bulat. Semakin memperkuat kesan retro. Tampilan catnya pun disesuaikan, sehingga aura motor lawas terasa.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan yakni Metallic Flat Spark Black with Metallic Matte Graphite Gray. Hanya, Kawasaki belum merinci spesifikasinya termasuk semburan tenaga dan ttorsi, meski sudah menyatakan transmisi penyalur tenaga ke roda memiliki lima tingkat percepatan.

Pengganti W650
Menelisik sejarak Kawasaki W80, seperti dilaporkan laman Motorcycledaily, tak bisa dilepaskan dengan Kawasaki W650. Menurut media ini, W650 pertamakali dikenalkan pada tahun 1999.

“Saat itu, Kawasaki W650 merupakan motor retro fungsional atau motor harian yang menawan, dan hadir dengan kick starter,” tulis laman tersebut.

Sayang, tren penjualannya di Amerika Serikat terus meredup. Kawasaki pun menilainya sebagai produk gagal. Lantaran itulah, pabrikan asal Jepang itu menyorongkan model pengganti yakni Kawasaki W80 yang bermesin 773 cc.

“Tetapi, Kawasaki W80 yang diproduksi sejak 2001 itu, belum pernah menginjak pasar Amerika Serikat. Meski pada awalnya dimaksudkan sebagai pengganti W650,” kata sumber di Kawasaki Motor.

Kawasaki W800 versi lawas yang dimodifikasi dalam rupa Scrambler – dok.Motorcycledaily

Masa hidup motor ini harus diakhiri karena emisi gas buagnya terbukti tak memenuhi standar yang ada, pada tahun 2016. Padahal, di Eropa cukup banyak yang mengemarinya. Bahkan tak sedikit yang membuat versi modifikasinya, antara lain berupa scrambler.

Lantaran itulah, Kawasaki berniat menyuguhkan lagi motor tersebut dalam versi baru. Konsepnyapun diperkenalkan di gelaran EICMA 2018 yang berlangsung di Milan, Italia, November lalu. Dan ternyata keinginan Kawasaki tak bertepuk sebelah tangan. Dunia merespon positif. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This