Resmi Hadir, Camry Baru Bidik Orang Muda Tajir

Resmi Hadir, Camry Baru Bidik Orang Muda Tajir
Toyota All New Camry resmi meluncur di Indonesia - dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – PT Toyota-Astra Motor akhirnya meluncurkan All New Camry dengan platform baru TNGA (Toyota New Global Architechture) dalam tiga varian yakni G,V, dan hybrid dengan banderol Rp 613,35 – Rp 806,6 juta. Banderol ini dinilai menjadi daya tarik tersendiri bagi Camry di segmen pasarnya.

Mengusung tagline Outclass Elegance – yang diklaim sebagai perwujudan keanggunan dan kemewahan – gaya desain dan fitur yang ada di sedan ini disebut cocok dengan keinginan dan kebutuhan konsumen usia muda.

“Konsumen Toyota Camry adalah mereka yang masuk dalam kelompok emotional market. Jadi, membeli mobil bukan untuk alat transportasi semata tetapi juga pride atau status sosial. Camry masuk dalam mobil premium dengan teknologi maupun fitur canggih, tetapi harga jauh lebih terjangkau dibanding sedan-sedan dikelompoknya, Itu yang menjadi keunggulan kompetitifnya sehingga banyak diminati,” tutur General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Selasa (8/1/2019) petang.

Menurut Soerjo, All New Camry yang dipasarkan di Indonesia telah mengalami penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen Indonesia. Namun, penyesuaian tersebut bukan penurunan spesifikasi.

Penjualan Toyota All New Camry ditargetkan 100 – 140 unit saban bulan – dok.PT TAM

Secara prinsip dasar teknis maupun dasar-dasar desain antara model yang dipasarkan di tanah Air dengan yang dijajakan di negara lain – seperti Jepang maupun Thailand – tidak berbeda. Diantara yang paling prinsip itu adalah, platform TNGA.

Berkat platform anyar itu, All New Camry lebih kokoh dengan dimensi yang lebih besar, pusat grativitasi yang lebih rendah, dan kuda-kuda kontruksi menjadi lebih lebar dibandingkan pendahulunya. Dimensi, panjangnya 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm, dan tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya 1.470 mm.

Konsumen usia muda
Toyota menjadikan wheelbase All New Camry menjadi 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm dibandingkan versi sebelumnya. “Sedangkan kalau bicara soal desain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen Indonesia bisa dilihat gaya desain aggressive luxurious yang didukung oleh front lamp dan rear lamp berteknologi LED. Fitur-fiturnya pun mendukung kesan gaya sporty, tetapi bukan berarti mobil sport,” kata Soerjo.

Suguhan gaya desain yang seperti ini diklaim sebagai hasil dari masukan konsumen. Kebetulan, di Indonesia saat ini ada pergeseran selera dari sebelumnya yang fuul elegan sekarang mengarah ke sentuhan sporty.

“Maklum, saat ini konsumen mobil mewah di Indonesia terbanyak orang usia muda. Mereka sebagai pebinis muda yang mapan atau eksekutif muda. Orang muda merupakan bagian terbanyak dalam struktur penduduk kita,” terang Soerjo.

Toyota All New Camry – dok.Mobil123.com

Melihat potensi pasar yang ada, serta capaian penjualan yang telah dibukukan Toyota Camry tahun lalu, TAM menargetkan penjualan All New Camry di tahun 2019 ini sebanyak 100 – 140 unit per bulan. Maklum, ceruk pasar ini merupakan ceruk yang segmented alias nieche market. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This