Generasi Baru Toyota Mark X Lebih Ganteng Jauh dari Camry

Generasi Baru Toyota Mark X Lebih Ganteng Jauh dari Camry
Generasi terbaru Toyota Mark X GRMN, tampil di Tokyo Auto Salon. dok Motor1.com

Tokyo, Motoris – Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan secara resmi generasi terbaru Camry di Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. Terpaut ribuan kilometer nun jauh di sana, tepatnya dari Tokyo, Jepang, sang prinsipal Toyota Motor Corporation, juga menampilkan versi lebih ganteng dari sedan menengah itu, generasi terbaru Mark X.

Secara segmentasi, Toyota Mark X memang lebih tinggi stratanya ketimbang Camry yang cenderung lebih ‘merakyat’.  Perkenalan pertama Toyota pada Mark X dilakukan di ajang Tokyo Auto Salon yang lagi berlangsung di Ibu Kota Jepang itu, sampai 13 Januari 2019.

Namanya, ajang kontes modifikasi, generasi terbaru Mark X ini juga tampil dalam wujud sentuhan rumah modifikasi resmi Toyota, GRMN.

Tapi, meski sudah mendapatkan sentuhan modifikasi, tetap saja terlihat bekalan apa yang mau ditawarkan Mark X GRMN ini. Desain lampu depan masih sama dengan model sebelumnya, punya bentuk unik, seperti capit kepiting dengan day-time running light (DRL) terintegrasi di dalamnya.

Baca juga: Penjualan Camry Juga Ditentukan Jatah dari Pemerintah

Interior generasi baru Toyota Mark X GRMN. dok. Motor1.com

Buat bemper dan gril, tentu sudah mengalami ubahan. Tapi, bisa diterka, kira-kira seperti apa wajah All New Mark X ini nantinya.

Di balik kap mesin, Toyota masih setia membekali mesin 3.5-liter, V6, bertenaga 313 hp dan torsi 380 Nm. Sistem penggerak roda belakan dipertahankan dan dipasarkan dengan varian pilihan transmisi manual 6-percepatan. Cocok buat yang mau bangun mobil drift!

GRMN mengaku sudah melakuan ubahan juga pada suspensi depan dan belakang, menjadikan sedan ini lebih kaku ketika diajak bermanuver. Selain itu, juga ada ubahan pada kelengkapan electric power steering (EPS) dan stability control.

Selain itu, sedan ini juga dibekali dengan atap serat karbon, sehingga bobotnya lebih ringan 10 kg dari kondisi standar. Termasuk bekalan pelek 19 inci, forged, BBS, berkelir gun-metal, ukuran 235/40 R19 depan dan 255/35 R19 (belakang), disokong kaliper rem bermerek GR, yang khusus diciptakan buat Mark X GRMN ini. Oh iya, Mark X juga, mempertahankan diri sebagai salah satu sedan yang cuma diproduksi di Jepang, bukan negara lain.

Baca juga: Siap Diluncurkan, Harga Camry Baru di Indonesia Juga “Gila”?

Toyota melepas generasi baru Mark X di Tokyo Auto Salon 2019. dok Motor1.com

Sentuhan serat karbon juga berlanjut ke interior mobil, pada beberapa ornamen di dasbor dan rumah tuas transmisi. Jok depan juga sudah ganti dengan model bucket ala mobil balap.

Toyota mengaku hanya memproduksi Mark X GRMN ini terbatas, cuma 350 unit saja. Generasi sebelumnya (Mark X GRMN) meluncur 2014, hanya diproduksi 100 unit. Toyota hanya memasarkan sedan menengah edisi spesial ini untuk pasar Jepang (JDM), dengan banderol paling murah 5,13 juta yen alias Rp 665 jutaan.

Buat reminding, di Indonesia, Mark X pernah dipasarkan khusus oleh Auto2000, medio 2012, tapi menyasar buat pasokan Blue Bird untuk armada Silver Bird. Tapi, rencana ini buyar, karena sedan ini dianggap tidak cocok buat taksi, kemudian Toyota mengimpor Camry dari Australia sebagai gantinya.

Ratusan unit Mark X yang sudah terlanjur diimpor, kemudian terpaksa dijual tanpa promosi ke konsumen dengan susah payah. Meskipun, sekarang harga seken Mark X ini ternyata jauh lebih mantap ketimbang Camry yang ‘memble’.  (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This