Avanza-Xenia Anyar Bisa Bikin Low MPV Wuling “Terguling”

Avanza-Xenia Anyar Bisa Bikin Low MPV Wuling “Terguling”
Foto Toyota Avanza terbaru yang beredar di media sosial - dok.instagram

Jakarta, Motoris – Hadirnya versi baru dari varian Low MPV merek Jepang – antara lain Toyota Avanza dan kembarannya Daihatsu Xenia, serta kemungkinan besar hadirnya kembaran Xpander berbaju Nissan – diperkirakan bakal membuat langkah Wuling Confero semakin berat di pasar. Tampilan yang lebih menarik, citra merek yang belum kuat, harga yang bersaing, serta harga jual kembali di pasar sekunder menjadi tantangan baru yang harus dihadapi.

“Orang boleh berdebat bahwa perilaku konsumen kita sekarang rasional dan pragmatis. Harga lebih murah yang ditawarkan Wulingmemnag bisa menjadikan sikap pragmatis dan realistis konsumen..Tetapi, harga bukanlah faktor terpenting dalam penentuan keputusan konsumen,” tutur Kepala Riset Eternity Marketing Ressearch Specalist, Garibaldy Warlinan, kepada Motoris saat ditemui di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (14/1/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Gery itu, konsumen otomotif Indonesia memiliki karakteristik yang khas. Mereka memiliki pertimbangan prioritas pada empat hal sebelum membeli mobil.

“Pertama tampilan baik eksterior maupun interior. Kedua, harga. Ketiga, teknologi dan fitur. Keempat, harga jual kembali mobil. Itu yang menjadi pertimbangan utama konsumen,” ungkap Gery.

Tampilan Daihatsu Xenia Facelift yang beredar di media sosial- dok.Istimewa

Sementara, Toyoat Avanza yang meluncur Selasa (15/1/2019) mengalami ubahan yang cukup signifikan. Kehadiran sosok anyar itu semakin menambah riuhnya pasar, setelah Mitsubishi Xpander berhasil “menggedor” segmen pasar Low MPV dengan tampilannya yang fenomenal.

Harga jual kembali
Tentu, keriuhan ini semakin nyaring, karena kembaran Avanza – Daihatsu Xenia – tentu juga hadir dengan tampilan senada. Sementara, All New Ertiga sejak Mei 2018 lalu juga telah mendapatkan penyegaran tampilan.

Artinya, dari sisi tampilan merek-merek Jepang telah menang set selangkah lebih di depan ketimbang Low MPV Wuling Confero. Sedangkan soal teknologi, tentu Avanza, Xpander, Xenia, Ertiga, bahkan Honda Mobilio juga masih menyuguhkan sesuatu yang tak ketinggalan dibanding kompetitornya.

Soal harga, wiraniaga diler Toyota dan Daihatsu yang ditemui Motoris, Senin (14/1/2019) menyebut harga Xenia tidak ada kenaikan harga dari model sebelumnya. Sementara Avanza ada kenaikan mulai Rp 5 juta hingga Rp 7 juta.

“Kalau Xenia ini memang tidak naik harganya, bisa dibandingkan dengan model sebelumnya sama saja, malah ada varian mesin 1.5 sekarang,” tutur sang wiraniaga diler Daihatsu kepada Motoris.

Dia membeberkan harga Xenia X MT 1.3 Standard Rp 183.350.000 dan harga Xenia tipe R AT 1.5 Deluxe atau tipe tertinggi Rp 228.950.000. Sementara untuk Avanza facelift, tipe terendah yakni E MT 1.3L dibanderol 197.200.000 dan tipe tertinggi yakni Veloz 1.5L dihargai Rp 236.500.000.

Sekadar catatan, sepanjang Januari-November lalu penjualan (wholesales) Wuling Confero masih jauh dibanding para pesaing, yakni hanya sebanyak 9.506 unit. Sementara, di rentang waktu yang sama, Toyota Avanza terjual 75.496 unit, Mitsubishi Xpander 70.679 unit, Suzuki Ertiga, 29.249 unit, Daihatsu Xenia 27.078 unit, dan Honda Mobilio 22.788 unit. (Kpr/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS