Tiga Merek Penguasa Pasar Pikap Indonesia

Tiga Merek Penguasa Pasar Pikap Indonesia
Pikap Suzuki Carry - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2018 lalu penjualan kendaraan komersial jenis pikap sebanyak 143.473 unit atau naik sekitar 12% dibanding tahun sebelumnya. Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi menjadi tiga merek penguasa pasar pikap yang bercokol pada urutan teratas.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan penjualan pikap Suzuki yang terdiri dari pikap Suzuki APV, APV X-Tra . Carry 1.5 FD, dan Carry 1.5 WD terjual 54.942 unit. Sedangkan pikap Daihatsu yang terdiri dari empat varian GranMax dan dua varian Hi-Max membukukan penjualan sebanyak 42.534 unit.

Di urutan berikutnya terdapat pikap Mitsubishi – termasuk Double Cabin Mitsubishi Triton- yang berada di posisi ketiga. Pikap-pikap ini terjual 36.468 unit.

Menurut Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto, moncernya penjualan pikap dikarenakan permintaan di sektor pertanian dan perkebunan, perdagangan ritel, serta pertambangan yang meningkat.

Baca juga: Nasib Pikap Suzuki Futura di Ujung Tanduk

Pikap DFSK atau Sokon Supercab, kendaraan komersial yang dirakit Sokon Automible di Serang, Banten – dok.Motoris

“Kegiatan perdagangan terutama perdagangan ritel, pertanian dan perkebunan , dan pertambangan dinamikanya menigkat, Perdagangan dan pertanian meningkat karena berkaitan dengan konsumsi. Sedangkan perkebunan dan pertambangan karena dipicu membaiknya harga komoditas,” tuturnya saat dihubungi belum lama ini.

Data asosiasi industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih itu juga menunjukan, di luar merek asal Jepang, pikap Tata Motors membukukan penjualan 801 unit. Disusul DFSK (Sokon) 608 unit, Chevrolet 218 unit, dan Hyundai yang terdiri dari H-100 dan H-100 chs terjual 68 unit. (Ara)

Click me for more cool graphics…

CATEGORIES
TAGS
Share This