Era Kendaraan Listrik Datang, Bajaj Listrik Menjelang

Era Kendaraan Listrik Datang, Bajaj Listrik Menjelang
Bajaj Qute versi konvensional - dok.Autocar India

New Delhi, Motoris – Produsen otomotif India yang selama ini dikenal sebagai pemasok kendaraan angkutan roda tiga Bajaj, berencana memproduksi Bajaj Qute – angkutan lingkungan yang sudah beredar di Indonesia – dalam versi listrik pada tahun 2021 nanti. Bahkan, si Bajaj listrik ini tak hanya untuk India tetapi juga berpotensi diekspor ke berbagai negara.

Seperti dilaporkan laman Auto Indica dan Press Trust India, Selasa (21/1/2019), pernyataan pabrikan yang juga pemilik merek motor KTM itu diungkapkan langsung oleh Managing Director Bajaj Auto, Rajiv Bajaj, Senin (21/1/2019) waktu setempat.

“Sangat banyak Qute listrik dan roda tiga listrik dalam agenda kami. Itu sejalan dengan rencana penerapan BS-VI (regulasi emisi gas buang kendaraan bermotor di India), akan akan mulai berlaku April tahun depan (tahun 2021). Langkah ini sama seperti saat kami membuat kendaraan bermesin dengan bahan bakar bensin dan diesel. Semaunya dibuat dengan mematuhi regulasi BS-VI tersebut. Karena itulah kami bertujuan memperkenalkan kendaraan listrik yaitu Qute dan versi roda tiga,” papar Rajiv Bajaj.

Hanya, hingga kini belum ada rincian teknis soal Bajaj listrik. Begitu pun dengan ancar-ancar harganya jika sudah dijajakan nanti. Sedangkan versi konvesionalnya, saat ini sudah bertebaran di 20 negara termasuk Indonesia.

Baca juga: Honda India Makin Kuat, Honda Indonesia Melempem Digebuk Kartel

Bajaj Qute – dok.BW Businessworld

Versi mesin bakar ini selain ada tipe berbahan bakar bensin juga gas atau CNG (Compressed Natural Gas). Versi ini mengusung mesin DTSi 216 cc 4-valve berpendingin air.

Untuk tipe mesin berahan bakar bensin konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 35 km/liter. Sedangkan tipe berbahan bakar CNG konsumsinya 43 km/liter.

Anehnya, meski sudah melanglang buana, namun di India Bajaj Qute baru diluncurkan Maret 2019. Alasannya, selama ini terbentur aturan emisi gas buang. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This