Toyota Agya dan Calya Disebut Jadi Favorit Milenial

Toyota Agya dan Calya Disebut Jadi Favorit Milenial
Toyota Agya dengan dandanan sport - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Tiga mobil Toyota – yakni Toyota Avanza, Calya, dan Agya – disebut menjadi mobil yang diinginkan oleh konsumen milineal di Indonesia. Klaim ini berdasar hasil survei Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019.

Jika menilik rekam jejak Toyota Avanza bisa dimaklumi jika menjadi idola kelompok tertentu di masyarakat. Pasalnya, mobil ini menjadi pionir Low MPV di Tanah Air, dan sejak 2003 hingga 2018 lalu telah terjual 1,7 juta unit. Versi teranyar yang diluncurkan 15 Januari lalu juga menyuguhkan tampilan baru.

Lantas bagaimana dengan Calya dan Agya yang merupakan mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC) menjadi idola para milenial? Bagaimana dengan metode survei? Apakah responden disodori pertanyaan “LCGC apa yang Anda kenal?”. Apakah pertanyaan tersebut juga disertai pilihan jawaban dengan menyuguhkan model-model LCGC atau tidak? Entahlah.

Namun yang pasti, seperti disebut siaran pers PT Toyota Astra Motor (TAM), Minggu (27/1/2019) Avanza dan Calya masing-masing meraih nilai tertinggi di segmen small MPV dan entry MPV dalam survei yang digelar sebuah majalah ekonomi. Sedangkan Agya yang berada di segmen entry Hacthback berada di posisi ketiga.

Calya, LCGC tujuh penumpang atau MPV segmen entry level – dok.Motoris

Faktanya, Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, Toyota Avanza masih menjadi mobil terlaris sepanjang 2018. Kedaraan yang berjuluk “Mobil Sejuta Umat’ ini terjual 82.167 uni di tahun itu.

Sedangkan Toyota Calya berada di urutan ketiga dengan total penjualan sebanyak 63.970 unit. Namun, Toyota Agya yang tidak masuk dalam 10 besar terlaris, namun penjualan juga tidak jelek-jelek amat yakni 29.106 unit.

Bahkan, di segmen LCGC total penjualan keduanya membukukan penjualan yang lumayan. “Sejak awal kehadiran Agya di 2013, kendaraan ini mendapat respon positif dari masyarakat, termasuk generasi mileneal. Begitu juga dengan Calya yang diluncurkan pada 2016. Tahun 2018 lalu, secara bersama total penjualan wholesales Agya dan Calya mencapai 93.076 unit atau berkontribusi 26,4% dari total penjualan Toyota,” tutur General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This