Mazda 2 Bakal Jadi Yaris Hatchback!!!

Mazda 2 Bakal Jadi Yaris Hatchback!!!
Toyota Yaris hatchback - dok.CNET

California, Motoris – Toyota Yaris hatchback (HB) ditembak mati di Amerika Serikat (AS) lantaran penjualannya boncos dan jauh di bawah versi sedan. Akan tetapi, Yaris HB bakal kembali pada 2020 dengan wujud Mazda 2.

Yup, artinya Mazda 2 akan dipasangi emblem Toyota dan memakai nama Yaris HB. Praktik itu sudah dilakukan Yaris sedan dan hasilnya memuaskan. Di AS, penjualan Yaris sedan mencapai 25.269 unit pada 2017, sedangkan Yaris HB cuma 1.940 unit.

Bayangkan betapa boncosnya penjualan Yaris HB. Padahal, AS kebagian jatah model Yaris yang lebih keren dibandingkan pasar Asia di luar Jepang. Tetapi, kenyataannya Yaris HB gagal total di AS.

Mazda akan memasok semua jajaran produk Yaris di AS, baik sedan maupun HB dari pabrik Meksiko.

“Kami tidak akan menjual Yaris liftback atau HB di AS tahun ini, tetapi masih menjual Yaris sedan. Kami tengah menggarap sesuatu yang baru untuk 2020,” ujar Toyota kepada Automobile, belum lama ini.

Toyota Yaris sedan di Amerika Serikat – dok.Drivemag

Pengumuman lebih detail akan keluar di ajang New York Auto Show, April 2019. Salah satu pemicu jebloknya performa Yaris HB di AS adalah powetrain jadul serta fitur yang sedikit.

Sementara itu, Yaris sedan memakai mesin 1,5 liter Skyactive Mazda, empat silinder, dengan tenaga 106 Hp dan torsi 140 Nm, yang dipasangkan dengan transmisi manual enam speed dan otomatis enam speed. Adapun Yaris HB memakai mesin Toyota NR 1,5 liter dengan tenaga sama, tetapi transmisinya hanya lima speed manual dan otomatis empat speed alias ketinggalan zaman.

Yaris sedan awalnya mengusung nama Scion iA, setelah kematian Yaris iA. Tahun lalu, nama iA diganti menjadi Yaris sedan bersamaan dengan revisi grille dan varian baru XLE. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This