Wuling Formo Masih Sepi dari Minat Pembeli

Wuling Formo Masih Sepi dari Minat Pembeli
Tampilan depan dari sudut kiri minibus Wuling Formo - dok.Motoris

Bogor, Motoris – Meski sudah dua bulan diluncurkan namun kendaraan komersial Wuling Motors – yakni Wuling Formo Blind Van dan Wuling Formo minibus – masih sepi dari minat pembeli. Sejak diluncurkan awal November hingga akhir 2018 lalu penjualan tercatat masih sebanyak 83 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, jumlah penjualan Formo sebanyak itu terdiri dari 63 unit Wuling Formo 1.2 Blind Van dan 20 unit Wuling Formo minivan. Padahal, jumlah diler Wuling hingga tutup tahun itu diklaim sebanyak 90 unit.

Artinya, tak semua diler ada unit kendaraan komersial tersebut. Atau, unit-unit tersebut memang belum sempat disebarkan ke diler yang ada.

Menurut Brand Manager PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, masih minimnya penjualan Formo bisa dimaklumi. Selain karena relatif baru diluncurkan, proses distribusi juga belum massif mengingat prioritas kebutuhan diler yang ada.

Ilustrasi, ,inibus Wuling Formo diluncurkan di Jakarta, 7 November 2018 dan dibanderol mulai Rp 135,8 juta – dok.Motoris

“Tentunya kita juga melihat permintaan dari konsumen yang paling mendesak apa dulu, apa prioritasnya. Kalau passanger (kendaraan penumpang) ya tentunya kita prioritaskan itu. Tetapi, tetap saja yang komersial kita kirimkan ke semua diler. Tetapi yang pasti, Formo itu kan relatif baru, baru dua bulan diluncurkan jadi wajar kalau yang terekam datanya juga masih kecil,” papar Dian saat ditemui di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Alasan kedua, lanjut Dian, karena di tahun 2018 lalu, pihaknya juga terus menggenjot pengembangan jaringan diler. Bahkan, jumlah diler yang dibangun pada tahun itu telah melampui target yang ditetapkan.

Target yang dipatok hanya 80 unit. Namun, faktanya, diler yang diresmikan hingga akhir tahun telah mencapai 90 unit.
“Kami memang mengutamakan diler. Sebab, jika jaringan sudah terbangun sedemikian rupa, berikut layanan purna jualnya yang sudah running well, maka soal pemasaran itu aka mengikuti. Artinya, kita mengenjot penjualan akan lebih mudah,” kata Dian.

Tampilan belakang minibus Wuling Formo – dok.Motoris

Wuling Formo diluncurkan 7 November 2018. Kendaraan ini dibanderol Rp 135,8 juta on the road Jakarta untuk varian Blind Van. Sedangkan untuk minibus dibanderol Rp 136,8 juta on the road Jakarta dan sekitarnya. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This