Motor Boleh Melintas di Jalan Tol, Asal Syarat Ini Dipenuhi

Motor Boleh Melintas di Jalan Tol, Asal Syarat Ini Dipenuhi
Ilustrasi, sepeda motor melintas di jalan tol - dok.YouTube

Jakarta, Motoris – Usulan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo agar sepeda motor diperbolehkan melintas di jalan bisa saja direalisasikan. Namun ada syarat dan kondisi tertentu yang juga musti dipenuhi agar aspek keamanan dan keselamatan pengguna jalan berbayar itu tetap terjamin.

Kepala Korps Lalu-lintas olri, Irjen Pol Refdi Andri menyebut motor melintas di jalan tol tidak masalah namun yang harus diperhatikan adalah infrastruktur. Artinya, harus disediakan atau dibuat jalur khusus seperti yang ada di Tol Bali dan Suramadu.

“Kalau dibuat jalur khusus saya rasa tidak ada masalah, seperti di Bali dan Suramadu saja, sampai sekarang pun tidak ada masalah,” tutur Refdi di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Refdi, sebelum diterapkan maka perlu banyak diskusi dengan para instansi terkait. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan berlalu lintas yang juga menjadi bagian tanggung jawab istansi itu tetap terjamin.

Ilustrasi, berkendara sepeda motor di jalan tol-dok.Istimewa

“Apalagi di jalan Tol itu meskipun dipisah jalurnya, tetap potensi terjadinya kecelakaan juga masih cukup tinggi, oleh sebab itu diperlukan adanya diskusi-diskusi sampai tercipta aturan yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” ungkap Refdi.

Keberadaan jalan tol dan motor sejatinya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 44 tahun 2009 tentang perubahan atas PP No 15 tahun 2005 tentang jalan tol. Aturan tersebut menjelaskan bahwa jalan bebas hambatan untuk kendaraan bermotor yang memiliki roda empat atau lebih.

Namun, di jalan tol itu juga dapat dilengkapi dengan jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda dua.Artinya, dari segi legal formal, sangat memungkinkan motor melintasi jalan bebas hambatan itu, meski diimplementasi harus dilihat berbagai sisi. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This