Ini yang Bikin Honda Sodorkan CB650 Neo Sport Cafe

Ini yang Bikin Honda Sodorkan CB650 Neo Sport Cafe
Honda CB650 Neo Sport Cafe diluncurkan PT AHM - dok.Motoris

Bandung, Motoris – Setelah membukukan penjualan yang gemilang sepeda motor kelas motor gede (moge) – bermesin 500 cc ke atas – PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali tahun 2019 ini menggelontorkan Honda CB650R berkonsep Neo Sport Café. Sentuhan unsur retro di motor sport disebut sebagai unsur pemantik minat konsumen yang kini tengah dijangkiti “virus” motor retro.

Seperti dipaparkan Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, sepanjang tahun 2018 lalu pihaknya berhasil melego 500 unit moge. “Dari julah tersebut sekitar 60-70% merupakan Honda CMX500 Rebel yang merupakan moge berpenampilan retro. Kemudian CB500X sekitar 13-15%, dan sisanya moge-moge yang lain,” papar dia saat ditemui usai peluncuran di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2019).

Dengan fakta seperti itu, lanjut Thomas, membuktikan bahwa segmen moge masih bertumbuh positif. Dia uga memastikan kendati segmen pasar ini reatif kecil dibanding segmen pasar sepeda motor umunya, namun memiliki potensi yang besar.

“Karena segmen moge itu merupakan ceruk pasar dengan katerteristik tersendiri. Dia merupakan segmen emotional market. Jadi, motor yang mereka (konsumen) gunakan adalah bagian dari penunjang gaya hidup. Bukan sebagai sarana transprtasi utama atau keseharian. Segmen ini memiliki daya beli yang tinggi, dengan elastisitas terhadap harga yang cukup tinggi juga,” terang Thomas.

Peluncuran Honda CB650R Neo Sport Cafe di Bandung 9 Februari 2019 – dok.Motoris

Pernyataan senada diungkapkan Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala yang dihubungi Motoris, Sabtu (9/2/2019). Menurutnya, hingga saat ini pangsa pasar moge di Tanah Air masih di kisaran 2%.

“Faktanya, secara volume moge yang terjual terus bertambah. Mengapa? Karena moge merupakan produk untuk penunjang gaya hidup. Dan teorinya sederhana, yakni jika kemampuan ekonomi masyarakat itu meningkat maka kebutuhannya bukan lagi primer dan sekunder saja, tetapi juga yang ketiga atau bahkan keempat. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan penunjang penampilan, yaitu moge,” papar Sigit.

Layanan khusus
Sementara itu, Executive Vice President PT AHM, Johannes Loman, mengatakan selain performa yang mumpuni dari produk yang disuguhkan, Honda juga memberi kebanggan lain kepada konsumen moge. Kebanggan tersebut berupa layanan yang didesain khusus.

“Kami secara konsisten terus memberikan layanan yang didesain secara pemium, khusus bagi pengguna big bike Honda melalui jaringan diler Big Wing. Kami berharap kehadiran big bike Honda yang didukung kuatnya layanan purna jual di jaringan Honda ini dapat semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap jajaran produk big bike Honda,” papar Loman.

Motor bermesin 4 silinder 650cc DOHC dengan tenaga 66,5 kW pada 11.000 rpm dan torsi 60 Nm pada 8.000 rpm, itu dilengkapi fitur terkini penunjang keamanan dan kenyamanan. Suspensi depan inverted telescopic Showa 41 mm dan belakang lengan ayun alumunium dengan sistem pengaturan hingga 10 level, disebut memberi kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna.

Tampilan belakang Honda CB650R Neo Sport Cafe – dok.Istimewa

Selain itu ada assist slipper clutch, Honda Selectable Torque Control, Emergency Stop Signal. Semua lampu telah menggunakan LED.
Motor yang menggunakan pelek alumunium yang dibalut ban 120/70-R17 di depan dan 180/55-R17 di belakang ini menggunakan sistem pengereman kalipter rem depan berpiston empat dengan disc 310 mm di roda depan.

Sedangkan untuk roda belakang menggunakan piston tunggal disc 240 mm di roda belakang. Mode ini ditawarkan dalam dua varian warna yakni Cabdy Chronsphere dan Graphite Black. Banderolnya, Rp 265 juta on the road wilayah Jakarta. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This