Susul Prius, Corolla Hybrid Anyar Dobrak Dunia

Susul Prius, Corolla Hybrid Anyar Dobrak Dunia
Toyota Corolla Hybrid 2020 - dok.Forbes.com

California, Motoris – Setelah November 2018 lalu memperkenalkannya di pameran otomotif Guangzhou, Cina, kini Toyota Motor Corporation berancang-ancang menjajakan Toyota Corolla hybrid versi anyar ke lebih dari 90 negara. Di Eropa dimulai kuartal kedua tahun ini, sedangkan untuk kawasan Asia akan diserbu mulai semester kedua nanti.

Seperti dilaporkan laman Forbes dan Carbuzz, Selasa (12/2/2019), Corolla hybrid ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini sebelumnya telah digunakan oleh saudaranya, yakni Toyota Prius hybrid.

“Rencananya, Corolla hybrid ini dipasarkan ke lebih dari 90 negara dan wilayah. Kendaraan ini telah sesuai dengan standar global untuk kendaraan hybrid,” bunyi pernyataan pabrikan.

Hanya, hingga kini belum diketahui tingkat konsumsi bahan bakar dari sedan ramah lingkungan tersebut. Sejumlah informasi dari kalangan internal Toyota hanya memastikan, bahwa tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar Corolla hybrid versi ini tak kalah dengan Toyota Prius hybrid.

Toyota Prius berteknologi hybrid, salah satu mobil terelektrifikasi yang disajikan Toyota di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Sebelumnya, hasil pengujian Environment Protection Agency (EPA) Amerika Serikat terhadap Prius menunjukan, 1 galon yakni 4,55 liter bisa untuk menempuh jarak 54/50/52 mil. Bahkan, untuk Prius Eco 1 galon bisa untuk berjalan sejauh 58/53/56 mil di jalan kota/jalan tol/ jalan kombinasi antara jalanan kota dan jalan tol.

Baik Corolla maupun Prius menggusung mesin bensin 1,8 liter empat silinder segaris. Mesin ini dikombinasikan dengan dua motor listrik berbaterai ion lithium, dan transmisi otomatis CVT. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This