Nissan Serena Anyar Meluncur, Ini Tantangan Beratnya

Nissan Serena Anyar Meluncur, Ini Tantangan Beratnya
Ilustrasi, Nissan Serena versi terbaru atau yang juga disebut dengan Nissan Serena C27 meluncur di Malaysia - dok.Wikimedia

Jakarta, Motoris – Hari ini, Selasa (19/2/2019) PT Nissan Motor Indonesia meluncurkan MPV Nissan Serena versi terbaru atau yang juga disebut dengan nama Nissan Serena C27. Perhelatan politik sepanjang tahun ini yang kemungkinan besar berpengaruh terhadap ceruk pasar segmen MPV tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berbicara, penjualan Serena tahun 2018 lalu anjlok. Jika di tahun 2017 masih terjual sebanyak 1.305 unit, di tahun 2018 hanya terjual 572 unit.

Padahal, pada saat yang sama penjualan MPV premium melonjak signifikan dibanding tahun 2017. Lagi-lagi data Gaikindo menyebut, di tahun 2018 itu total penjualan sebanyak 12.271 unit, sedangkan tahun 2017 sebanyak 7.882 unit.

Dari jumlah itu, 82,9% digenggam oleh merek Toyota yang dijajakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Mereka terdiri dari Alphard, Vellfire, dan Voxy.  Toyota Voxy yang berhadapan head to head dengan Serena laku 5.272 unit atau menjadi yang terlaris. Penjualannya meroket dibanding tahun 2017 yang hanya 977 unit.

Tampilan Serena terbarau atau generasi kelima Nissan Serena dari sudut depan kanan – dok.MyCarForum

Sedangkan Alphard terjual 4.041 unit dan Vellfire sebanyak 870 unit. Sisanya, direbut MPV besutan Hyundai, yakni Hyundai H-1.

Lantas bagaimana dengan potensi tahun penjualan segmen MPV premium secara umum di tahun ini? Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto yang dihubungi belum lama ini memprediksi masih stagnan. Atau bahkan kemungkinan terjadi penurunan.

“Kalau bisa sama dengan tahun lalu saja, itu sudah sangat bagus,” ucapnya.

Pembeli MPV ini, lanjut Jongkie, adalah orang-orang kalangan menengah ke atas yang kebanyakan pelaku bisnis. Selain itu, pasar fleet yakni lembaga pemerintah untuk kendaraan dinas pejabat atau perusahaan-perusahaan swasta.

Di saat tahun politik seperti sekarang, hampir semua pelaku usaha menahan diri melakukan ekspansi bisnis dan konsumsi termasuk pembelian kendaraan baik untuk pribadi maupun untuk kendaraan dinas para pejabat perusahaannya. Begitu pun dengan lembaga pemerintah. Semua menyesuaikan dengan situasi.

Nissan Serena atau Nissan C27 yang merupakan generasi kelima tengah dites – dok.MyCar Forum

“Sampai kapan?, ya tentunya sampai proses politik selesai. Tapi mudah-mudahan pasar segera normal,” imbuh Jongkie.

Pernyataan senada diungkapkan General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto. Menurut dia, pihaknya tentu berharap penjualan model-model Toyota di segmen ini – Alphard, Vellfire, dan Voxy – tetap naik.Tetapi, kata dia, juga harus melihat realita yang ada yakni tahun politik.

“Jadi, prediksi saya kalau sama dengan tahun kemarin (2018) saja. Itu sudah sangat bagus,” kata dia saat dihubungi Motoris. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This