Bermodal Dua Hal Ini, Serena Coba Kejar Voxy

Bermodal Dua Hal Ini, Serena Coba Kejar Voxy
Nissan Serena versi terbaru atau Nissan Serena C27 yang diluncurkan di Indonesia 19 Februari 2019 - dok,Motoris

Jakarta, Motoris – PT Nissan Motor Indonesia meyakini medium MPV andalannya yang diluncurkan Selasa (19/2/2019) di Jakarta, bakal mendapatkan respon positif dari masyarakat konsumen di Tanah Air. Ada dua modal yang menjadi senjata Serena untuk bertarung di ceruk pasar MPV yang menjadi bidikannya yakni teknologi baru dan harga.

Seperti dikatakan Presiden Direktur NMI, Isao Sekiguchi, jagoan Nissan di pasar medium MPV ini dibekali fitur anyar yang diklaim memberikan kemudahan dan kepraktisan, serta kenyamanan berkendara. Teknologi anyar itu disebut Nissan Intelligent Mobility.

Diantara wujud konkret teknologi itu adalah pintu geser yang bisa bergerak tanpa mewajibkan penumpang memegang gagang pintunya. Sebagai gantinya, hanya membutuhkan gerakan kaki di bawah pintu yang dipindai oleh foot sensor.

“Kami hadirkan Serena baru yang menjadi MPV paling pandai di kelasnya melalui beragam fitur baru yang menopang kenyamanan maupun keamanan berkendara,” kata Isao.

Nissan Serena versi baru diluncurkan bersamaan dengan All New Nissan Livina – dok.Motoris

Wujud lainnya adalah, perangkat hiburan dengan layar ganda, yakni layar berukuran 7 inci head unit yang terintegrasi ke smartphone. Layar itu juga terhubung ke roof monitor yang berukuran 11 inci.

Layar kedua, juga berukuran 7 inci dalam rupa multi information display. Di sini ada sejumlah fitur yang tersedia termasuk intelligent around view monitor.

Modal berikutnya adalah harga yang lebih miring ketimbang pesaing. Nissan menyuguhkan Serena ayar itu dalam dua pilihan tipe, yakni X dan Highway Star (HWS). Masing-masing dibanderol Rp448 dan Rp 465 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Tentu, kalau dibanding kan dengan pesaing beratnya – Toyota Voxy- harga tersebut lebih murah. Seperti disajikan di stus resmi Toyota Astra Motor Voxy dibanderol mulai Rp 462,25 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Penjualan
Lantas, akankah Serena kembali merebut singgasananya sebagai MPV medium penguasa kelasnya di era awal-awal kemunculannya di Indonesia? Yang pasti, fakta menunjukan, penjualan Serena  telah tertinggal jauh oleh Toyota Voxy pada tahun 2018 lalu.

Data yang dikompilasi dari catatan penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di sepanjang rentang waktu 2008-2017 populasi Nissan Serena telah mencapai 26.913 unit. Hanya sayang, penjualan terus menurun sejak tahun 2015.

Bahkan di dua tahun terakhir yakni 2017 dan 2018 penjualannya malah jeblok. Data berbicara, jika di tahun 2017 Serena masih mampu membukukan penjualan sebanyak 1.305 unit, tahun berikutnya ambles. Penjualan di tahun 2018 hanya 572 unit.

Berkebalikan dengan itu, Toyota Voxy yang berhadapan head to head dengan Serena laku 5.272 unit. Penjualannya meroket dibanding tahun 2017 yang hanya 977 unit.

Toyota Voxy versi terbaru – dok.Toyota

Lantas bagaimana PT Toyota Astra Motor menanggapi kehadiran Serena anyar ini? “Tentu ini sangat bagus bagi market. Masyarakat konsumen mempunyai banyak pilihan, sehingga bagi industri juga terdorong untuk memberi yang terbaik. Dan, masing-masing (Serena dan Voxy) mempunyai peminat masing-masing,” kata General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi Motoris.

Sementara, Public Relation Manager TAM, Rouli Sijabat menyebut penjualan Voxy seanjang tahun 2018 yang sebanyak 977 unit itu efektif Juli 2018. Pasalnya, MPV tersebut diluncurkan pada Juli tahun itu. “Permintaan Voxy sejak diluncurkan terus meningkat. Sehingga di tahun 2018 dia membukukan penjualan sebanyak 5.272 unit,” ucap Rouli melalui pesan elektronik kepada Motoris, Rabu (20/2/2019).

Toyota Voxy dibekali mesin berkode 3ZR-FAE berkapasitas 1.986 cc. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 155 hp dan torsi 196 Nm yang disalurkan ke roda dengan transmisi CVT.

Sedangkan Nissan Serena dibekali mesin MR20 berkapasitas 2.000 cc 4-silinder. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 150 hp dan torsi 199 Nm yang disalurkan ke roda melalui transmisi CVT dengan Eco mode. (Sql/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This