Tahun Ini, KTM Mulai Rakit Motor di Indonesia

Tahun Ini, KTM Mulai Rakit Motor di Indonesia
Ilustrasi, motor KTM yang dipamerkan di IMOS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Rencana pengoperasian pabrik perakitan motor KTM di Gresik, Jawa Timur, yang sebelumnya ditargetkan mulai awal tahun 2019 ini ternyata meleset. Namun, pabrik tersebut diperkirakan sudah beroperasi pada semester dua nanti.

“Belum bisa beroperasi seperti yang direcanakan semula, yaitu di awal 2019 ini karena ada sejumlah perizinan yang belum selesai. Tetapi, sebentar lagi selesai. Sehingga, semester kedua tahun ini kita sudah bisa operasikan,” papar Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor – agen pemegang merek KTM di Indonesia – Kristianto Goenadi, saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Pembangunan  pabrik yang menelan investasi senilai 10 juta euro atau sekitar Rp 160 miliar itu, nantinya akan merakit berbagai model motor KTM yang dipasarkan di dalam negeri maupun ekspor. “Total kapasitas produksinya 120 ribu unit. Tapi itu untuk awal, dan bisa diperbesar lagi. Karena lahan kita juga masih memungkinkan untuk itu,” terang Kristianto.

Selain menyerap tenaga kerja lokal, dengan perakitan di dalam negeri juga diharapkan menyerap komonen lokal. Dan tingkat kandungan okal tersebut diharapkan terus meningkat. Sehingga, selain memberi nilai tmabh terhadap perekonomian nasional juga bisa menekan harga.

Ilustrasi, KTM Duke 200 – dok.Spanish.alibaba.com

Namun, lanjut Kristianto, perakitan lokal pada tahap awal tidak berpengaruh terhadap harga. Artinya, harga produk KTM yang dirakit tersebut harganya tidak turun jauh dibanding yang impor secara utuh.

“Karena model-model yang kita impor sebelumnya, sebenarnya dari sisi harga sudah seperti CKD (impor secara terurai) karena kita menekan harga agar bisa bersaing, jadi sepertinya tidak ada selisih yang signifikan. Tetapi, ada keuntungan lain bagi konsumen, yakni pengurusan surat-surat motor yang dirakit di dalam negeri ini akan lebih cepat,” papar dia.

Adapun model yang dirakit di dalam negeri, terdiri dari beberapa model. Mulai dari KTM Duke 200 dan Duke 250, juga ada KTM RC 200, 250, serta RC 390. “Tetapi, ke depannya, semua varian yang dipasarkan di dalam negeri atau ekspor akan kita rakit. Ini, tentunya melihat perkembangan penyerapan pasar seperti apa,” imbuh Kristianto. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This