Goda Asia, Volvo Pamer Bus Listrik Otonom di Singapura

Goda Asia, Volvo Pamer Bus Listrik Otonom di Singapura
Bus listrik tanpa supir atau otonom dari Volvo yang diujicoba di Singapura - dok.Dezeen

Singapura, Motoris – Volvo Buses mencoba menjajaki pasar bus listrik di kawasan Asia Tenggara sebagai persiapan era elektrifikasi sarana transportasi dunia. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Swedia itu menguji coba bus listrik otonom alias bus tanpa supir di Singapura.

Seperti dilaporkan laman Dezeen dan New Atlas, Rabu (6/3/2019) kemarin, bus tanpa supir atau otonom dengan sumber tenaga dari arus listrik ini merupakan buah kerjasama antara Volvo Buses dengan perguruan tinggi di Singapura. Uji coba dilakukan di sebuah jalanan di Negara Kota itu, pada Selasa (5/3/2019).

“Kami sangat bangga bisa menunjukan bus listrik kami yang berfitur teknologi otonom (berjalan tanpa supir). Ini merupakan kunci dan tonggak bagi undustri transportasi di masa depan yang sesuai dengan visi kami untuk menghadirkan kendaraan yang bersih (emisi), aman, serta memiliki kecerdasan (buatan),” tutur Presiden Volvo Buses, Hakan Agnevall.

Bus ini didesain bersama Nanyang Technological University. Teknologi tanpa supir menggunakan sejumlah sensor dan sistem kontrol navigasi. Semua sistem tersebut kemudian dikendalikan oleh kecerdasan artifisial (AI).

Bus Listrik Volvo berfitur otonom alias swakemudi atau tanpa supir – dok.NewAtlas

Hanya, hingga kini belum ada kepastian apakah nantinya bus listrik berteknologi otonom ini akan dipasarkan di Asia Tenggara. Begitu pun dengan lokasi dan jadwal produksi bus tersebut.

Bus listrik tanpa supr alias otonom ini bisa digunakan sebagai moda trasportasi jarak pebdek seperti bus bandara atau di lingkungan tertentu seperti kota mandiri atau perjalanan jarak jauh. Volvo juga telah merancang kemampuan baterai dan motor listrik yang disandangnya untuk perjalanan jarak jauh. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS