Dengan Xpander GLS, Mitsubishi Garap Konsumen Mirage

Dengan Xpander GLS, Mitsubishi Garap Konsumen Mirage
Ilustrasi, rendering Mitsubishi Mirage yang mengadopsi sebagaian gaya tampilan Renault Clio - dok.Autoevolution

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tahun 2018 lalu memutuskan untuk menghentikan penjualan citycar Mitsubishi Mirage di Indonesia. Langkah itu bukan semata-mata karena lesunya penjualan. Melainkan, MMKSI telah memiliki strategi khusus untuk menggarap konsumen di segmen pasar yang ditinggalkan Mirage tersebut.

Seperti diungkapkan Direktur Penjualan dan Marketing MMKSI Irwan Kuncoro, kehadiran Mitsubishi Xpander telah mampu memenuhi kebutuhan konsumen di segmen yang selama ini digarap oleh Mirage. Tipe-tipe Xpander GLS A/T dan Sport M/T, telah menarik konsumen di segmen itu.

Menurutnya, hal itu bisa terjadi karena ada pergeseran perlaku konsumen, yakni dari yang semula emotional kini ke rasional. Artinya, kalkulasi ekonomis jauh lebih mengemuka ketimbang pertimbangan-pertimbangan emosional.

Sehingga, konsumen melihat dengan selisih harga antara tipe tertinggi di citycar dengan tipe terbawah di Xpander yang tidak terlampau jauh menjadikan calon pembeli lebih baik memiliki Low MPV tersebut. Terlebih kapasitas angkut penumpang Low MPV jauh lebih besar, dengan ongkos operasional yang juga tidak beda jauh.

Mitsubishi Xpander sejak diluncurkan hingga akhir 2018 telah terjual 115.000 unit – dok.MMKSI

“Kalau kita lihat. Jika pada masa-masa awal, banyak pembeli Xpander merupakan emotional buyer, tapi makin ke sini kita masuk ke rational buyer,” papar Irwan di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Xpander, lanjut Irwan, terbukti telah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Ini terbukti, dalam kurun waktu satu setengah tahun, penjualannya telah menyentuh angka 100.000 unit. Hal itu membuktikan, Low MPV ini mendapatkan sambutan positif dari calon pembeli potensial dari segala tingkatan kemampuan finansial.

Bahkan, sepanjang Januari lalu Xpander membukukan penjualan (wholesales) sebanyak 5.708 unit, Jumlah itu melampuai penjualan pesaing beratnya, yakni Toyota Avanza yang terjual 5.568 unit.

Sementara, penjualan Mitsubishi Mirage sejak beberapa tahun terakhir terus menyusut. Bahkan, selama 12 bulan di tahun 2018 lalu penjualannya tercatat hanya 559 unit atau cuma 0,3% dari total pasar. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This