Ini Alasan Suzuki Jimny Belum Meluncur di Indonesia

Ini Alasan Suzuki Jimny Belum Meluncur di Indonesia
All New Suzuki Jimny diluncurkan di BIMS 2019, Bangkok, Thailand - dok.Carsifu

Jakarta, Motoris – Suzuki akhirnya meluncurkan sekaligus memasarkan SUV legendarisnya – All New Suzuki Jimny – di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019, yang ternyata laris manis. Sementara, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) atau Suzuki Indonesia masih belum bisa memutuskan kapan SUV mungil itu diluncurkan di Tanah Air karena ada sejumlah alasan.

“Tetapi yang perlu dipahami, bukan adakendala, melainkan kami memang masih dipelajari. Kami sekarang ini masih on process, yakni masih dalam proses mempelajari bagaimana prospek produk tersebut di Indonesia. Karena peluncuran sebuah produk itu membutuhkan waktu yang tidak singkat, tapi bisa bertahun-tahun,” tutur 4W Sales Director PT SIS, Makmur, saat dihubungi Motoris, Jumat (29/3/2019).

Menurutnya, hasil studi tersebut terus didiskusikan dengan prinsipal – Suzuki Motors Corporation di Jepang – untuk kemudian dipertimbangkan. Adapun aspek atau hal-hal yang dipelajari oleh Suzuki Indonesia bersama prinsipal meliputi berbagai aspek.

“Ya mulai dari spesifikasi. Bagiamana spefikasi yang cocok dengan alam Indonesia, kemudian keinginan dan kebutuhan konsumen Indonesia termasuk soal warna, kemudian fitur, dan tentu saja harga. Berapa harga yang diharapkan oleh konsumen di Indonesia, sampai bagaimana nanti layanan purna jual,” papar Makmur.

Suzuki Jimny Sierra – dok.Carsifu

Soal harga, kata Makmur, juga tidak sama antara di satu negara dengan di negara lain. Hal itu tergantung dati kebutuhan fitur yang disematkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen di suatu negara. Sehingga, bisa saja harga di Indonesia jauh lebih rendah dibanding di negara lain. “Itulah makanya kita studi,” jelas Makmur.

Namun, aspek yang tidak kalah penting untuk dilihat peluangnya adalah kepastian penjualan setelah kendaraan itu diluncurkan. Baik Suzuki Indonesia maupun Suzuki Motors di Jepang, berharap pembelian yang terjadi bukan sekadar euforia dan hanya marak saat di peluncuran saja, tetapi juga terus terjadi setelah peluncuran.

Laris di Thailand
Hanya, soal batas waktu studi tersebut dan kapan jadwal peluncuran yang direncanakan, Makmur tak bersedia menyebutkannya. “Yang jelas, on process studi. Kalau sudah benar-benar pasti, tentu akan kita umumkan. Apalagi permintaan global Suzuki Jimny ini kan sangat besar, bahkan di luar perkiraan Suzuki Motors. Jadi, dari sananya (Suzuki Jepang) juga ketat dalam alokasi (jatah ke negara-negara di luar Jepang),” ucap dia.

All New Suzuki Jimny diperkenalkan di Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus 2018 lalu. Sementara di Thailand, seperti dilaporkan laman Xehay.vn, Autodeft, dan Bangkok Post, Rabu (28/3/2019), All New Suzuki Jimny dijual dengan banderol harganya dimulai dari Rp 1,55 – 1,68 juta baht atau sekitar Rp 694 – 752 jutaan.

Suzuki All New Jimny saat diperkenalkan di GIIAS 2018- dok.Motoris

Suzuki Jimny yang dijajakan di Negeri Gajah Putih itu adalah Jimny Sierra yang merupakan varian produk untuk pasar global dengan mesin 1.5 liter. Sedangkan Jimny dengan mesin 660cc ditujukan untuk pasar domestik Jepang.

Mesin Jimny Sierra tersebut diklaim menyemburkan tenaga hingga 102hp dan torsi 130 Nm.Untuk menyalurkan tenaga ke roda ada dua jenis transmisi yang ditawarkan, yakni otomatis empat tingkat percepatan dan manual lima tingkat percepatan.

All New Jimny Sierra yang tak pernah sepi dari perhatian pengunjung GIIAS 2018 – dok.Motoris

Media-media itu juga melaporkan, penjualan Jimny di negara itu terbilang laris. Bahkan, versi yang dilabeli edisi erbatas atau Limited Edition dengan total jumlah 30 unit sudah ludes terjual. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This