Maret, Hanya Ritel Calya dan Rush yang Ungguli “Wholesales”

Maret, Hanya Ritel Calya dan Rush yang Ungguli “Wholesales”
Calya, LCGC tujuh penumpang atau MPV segmen entry level - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Maret lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 28.725 unit dan ritel sebanyak sebanyak 27.765 unit untuk enam modelnya, yakni Toyota Avanza, Rush, Innova, Calya, Agya, dan Fortuner. Dari keenamnya, hanya Toyota Calya dan Rush yang membukukan penjualan ritel  – atau penjualan riil dari diler ke konsumen – lebih banyak ketimbang wholesales.

Data yang diperoleh Motoris, Sabtu (6/4/2019) kemarin menunjukan, penjualan wholesales Calya di bulan ketiga itu sebanyak 3/138 unit. Sedangkan penjualan ritelnya sebanyak 4.679 unit.

Kondisi yang sama terjadi pada low SUV Toyota Rush dengan wholesales 5.063 unit dan ritelnya 5.418 unit. Berbeda dengan penjualan mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau (LCGC) dan Low SUV itu, penjualan ritel Avanza lebih kecil dibanding wholesales-nya.

Tercatat wholesales kendaraan berjuluk “Mobil Sejuta Umat” itu sebanyak 8.538 unit, sedangkan ritelnya 6.476 unit. Begitu pun dengan Innova yang masing-masing penjualannya sebanyak 5.014 dan 4,44 unit.

Toyota All New Rush – dok.Istimewa

LCGC Toyota Agya juga membukukan penjualan serupa dengan Innova dimana ritel lebih kecil dari wholesales. Tercatat, wholesales Agya 2.257 unit, sedangkan ritelnya 1.867 unit.

Adapun SUV high Toyota Fortuner membukukan wholesales sebanyak 1.638 unit dan ritel 1.506 unit. Dengan kata lain, dari enam model tersebut hanya Calya dan Rush yang paling banyak dibeli oleh konsumen. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS