AHM Luncurkan Motor Anyar di IIMS, Honda X-ADV?

AHM Luncurkan Motor Anyar di IIMS, Honda X-ADV?
Honda X-ADV yang diperkenalkan di ajang IIMS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) bakal meluncurkan motor baru di hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang bakal berlangsung di JiExpo, Jakarta, 25 April – 5 Mei nanti. Meski belum disebutkan namanya, namun dari beberapa kisi-kisi yang ditunjukan model anyar itu mengarah ke Honda X-ADV.

Kisi-kisi ini diberikan General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Jumat (12/4/2019). “Motor ini merupakan model yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia, atau belum pernah dijual di Indonesia. Kemudian, bisa diposisikan pada segmen manapun (sport atau skutik) tergantung dari mana melihatnya,” ujar Muhib.

Selain itu, lanjut Muhib, motor ini juga memiliki keunikan atau keunggulan yang mampu melintasi berbagai lintasan. Dengan kata lain, model tersebut merupakan model dengan karakter yang bisa melahap lintasan on-road dan off-road.

“Atau kalau dilihat dari sistem transmisinya (dengan kopling ganda, dan berpenampilan paduan antara skutik dan motor sport), yang juga berbeda dengan model-model yang sudah ada hingga saat ini di Indonesia,” kata dia.

Honda X-ADV cocok buat kondisi jalan di Indonesia yang belum rata. – dok.Honda

Melihat kisi-kisi ini, Motoris menduga kuat model yang dimaksud adalah Honda X-ADV. Terlebih, motor adventure ini, di IIMS 2018, juga sudah dipamerkan oleh AHM untuk menetahui respon publik Indonesia.

Hanya, ketika disodorkan nama itu, Muhib mencoba berkilah dengan mengatakan sebaiknya dilihat di IIMS 2019 saja. Meski dia juga tak menampik atau mengiyakan secara tegas.

Profil X-ADV
Honda X-ADV merupakan skutik bongsor (maxi) yang dibekali mesin dua silinder 745 cc, berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan 54 hp pada puaran mesin 6.250 rpm dan torsi 67 Nm pada 4.750 rpm.

Dia dibekali teknologi transmisi kopling ganda (dual clutch). Walhasil, bisa beroperasi layaknya mobil matik atau menaik-turunkan transmisi lewat tuas di setang kiri.

Sesuai namanya, skutik ini memang diciptakan dengan kemampuan menjelajah segala medan, baik on-road maupun off-road. Honda X-ADV memiliki dimensi panjang 2.245 mm, lebar 910 mm, dan tinggi 1.375 mm.

Diimpor utuh (CBU) dari Jepang. – dok.Honda

Bobotnya tercatat 238 kilogram dengan jarak tempat duduk sampai pijakan kaki ke tanah 820 mm. Ground clearence juga dibuat menunjang karakter off-road, yakni 162 mm.

Kehadiran model anyar itu di IIMS 2019 menemani 30 model yang disuguhkan AHM. Motor anyar itu bakal diimpor secara utuh (CBU) oleh AHM. Di Malaysia, motor tersebut sudah mulai dijual pada Februari 2018.(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This