Honda Vario Series Bikin Ekspor Honda Nanjak 83%

Honda Vario Series Bikin Ekspor Honda Nanjak 83%
Ilustrasi, proses produksi Honda Vario di pabrik PT Astra Honda Motor - dok.AHM

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim, kinerja ekspor sepeda motor yang dibukukannya sepanjang kuartal pertama – Januari hingga Maret – lalu tumbuh mengesankan dengan besaran 83%, yakni dari 32.089 unit di tahun lalu menjadi 58.654 unit. Kontributor terbesar dari ekspor di sepanjang waktu itu adalah skutik Honda Vario.

Seperti dikatakan General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet, ekspor Honda Vario series tercatat sebanyak 33.840 unit. Jumlah ini setara dengan 58% dari total ekspor.

Lonjakan permintaan Honda Vario series datang dari sejumlah negara, terutama dari Filipina.  “Pada tiga bulan pertama 2019 ini, kami menerima lonjakan permintaan dari negera ini. Hal ini mencerminkan produk buatan anak bangsa yang memiliki daya saing kuat di pasar luat negeri,” tuturnya dalam siaran pers AHM, Selasa (16/4/2019).

Permintaan Honda Vario series dari negara-negara tujuan ekspor di rentang waktu tiga bulan pertama itu melonjak hingga 273% dibanding periode sama tahun lalu. Lonjakan itu dicatatkan oleh Honda Vario 125 yang sebanyak 21.648 unit dan Honda Vario 150 sebanyak 12.192 unit.

Seorang karyawan pabrik AHM tengah melakukan pengecekan terhadap Honda Vario yang tengah diproduksi – dok.AHM

Dilihat secara total, lanjut Kurniawati, tren ekspor terus meningkat sejak bulan pertama tahun ini. Tercatat, sepanjang Januari total ekspor AHM sebanyak angka 17.300 unit., kemudian Februarri 20.035 unit, dan Maret sebanyak 21.319 unit.

Motor yang diekspor sebanyak itu berwujud utuh atau CBU. Selain Honda Vario series juga ada Honda BeAT series, Honda Sonic 150, Honda CRF150, dan Honda CBR150. Motor ini dikirim ke Bangladesh dan Filipina

Selain motor dalam wujud utuh, AHM juga mengekspor dalam wujud terurai (completely knocked down/CKD). Jumlahnya mencapai 56.780 set CKD di periode tersebut.

Negara tujuan ekspor CKD AHM pada triwulan pertama tahun ini adalah Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This