Hyundai: Kona Kualitas High SUV Harga di Bawah HR-V

Hyundai: Kona Kualitas High SUV Harga di Bawah HR-V
Hyundai Kona, SUV baru yang diluncurkan Hyundai Mobil Indonesia di ajang IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan SUV anyar Hyundai Kona di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Mobil bermesin2.0 liter ini disebut berkualitas high SUV namun harganya di bawah Honda HR-V.

“Hyundai Kona merupakan produk global yang dibuat dengan standar global, tanpa ada grade-grade berdasar wilayah atau area distribusi atau wilayah pemasaran. Sehingga, kualitas Kona yang dijual di Indonesia, sama dengan di Eropa, Asia, Amerika, dan lainnya. Kualitasnya high SUV,” papar Deputy Marketing Director HMI, Hendrik Wijaya, saat ditemui usai peluncuran Kona di arena IIMS 2019, JiExpo, Kamis (25/4/2019).

SUV ini, lanjut Hendrik, dalam nomenklatur produk Hyundai, ditempatkan di bawah Hyundai Tucson dan di atas Hyundai Creta (Low SUV Hyundai yang dipasarkan di India). Namun, harga yang dipatok untuk Kona berada di bawah rata-rata SUV High atau bahkan SUV medium.

Hyundai Kona membidik ceruk pasar konsumen usia muda yang mulai mapan – dok.Motoris

“Kami tetapkan harga untuk Kona ini, Rp 363,9 juta. Ini harga yang sangat kompetitif mengingat performa mesin, kualitas produk, gaya desain, fitur, hingga kenyamanannya yang berstandar SUV high global,” kata dia.

Memang, harga sebesar itu faktanya lebih murah ketimbang banderol Honda HR-V 1.8 yang sebesar Rp 400. Atau Mazda CX-5 yang sekitar Rp 399 juta on the road Jakarta.

Lembar data dan fakta Kona yang disajikan HMI menyebut, mobil ini dibekali fitur anti-lock braking system, electronic stability control, downhill brake control, hill-start assist control. “Selain itu ada enam kantong udara, sensor parkir belakang, kamera parkir, emergency stop signal, dan tire pressure monitoring system (TPMS),” jelas Hendrik.

Peluncuran Hyundai Kona di IIMS 2019 yang dihadiri Direksi HMI – dok.Motoris

Fitur lainnya adalah tilt steering yakni peranti yang bisa mengatur roda kemudi dimaju-mundurkan. Kemudian ada instrument cluster LCD 3,5 inci, floating monitor 9 inci, dan push start button, smart key plus immobilizer.

Sementara, mesin yang diusungnya adalah mesin NU 2.0 liter empat silinder MPI Atkinson yang bertenaga 147 hp dan torsi 18.3 kg.m. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis enam percepatan.

Pasar potensial
Di tempat yang sama, Preident Director HMI, Mukiat Sutikno menyebut pihaknya memang fokus ke segmen pasar SUV. Pasalnya, segmen ini kini terus bertumbuh baik di Indonesia. “Kebetulan di pasar global, SUV itu juga sedang bertumbuh. Kalau di kita, sepanjang tahun 2018 lalu [angsa pasar SUV itu kan sekitar 19,4%, dan ini trennya terus naik,” kata dia.

Sedangkan target yang dibidik adalah ceruk pasar dengan rentang harga di bawah Rp 400 juta, Mukiat menyebut ceruk inilah yang paling potensial di Indonesia. Sebab, dari struktur demografi, kelompok kelas menengah usia muda merupakan kelompok masyarakat terbesar saat ini.

Kapasitas bagasi Hyundai Kona lumayan besar – dok.Motoris

Banyak anak-anak muda yang menjadi pengusaha sukses baru yang bermunculan seiring moncernya sektor pertambangan, perdagangan, di bursa saha, dan lain-lain. “Kelompok terbesar ini tentu menginginkan mobil dengan kualitas tinggi baik performa, kenyamanan, maupun gaya desain. Dan itu ada di Kona,” ucapnya.

Kona, lanjut Mukiat, telah lolos dalam uji standar Euro NCAP, IIHS Amerika, dan NHTSA di Amerika. Artinya, dari segi kualitas keamanan maupun kenyamanan tidak perlu diragukan karena telah diakui lembaga-lembaga kelas dunia. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This