Suzuki ST20 Dang Sani, Legenda Keandalan Pikap Carry

Suzuki ST20 Dang Sani, Legenda Keandalan Pikap Carry
Suzuki ST20 lansiran 1981 milik Dang Sani Imansyah yang terpilih sebagai pemenang kontes Carry Legend 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Pikap Suzuki ST20 lansiran 1981 milik Dan Sani Imansyah – seorang Aparat Sipil Negara (ASN) asal Garut, Jawa Barat – terpilih sebagai pemenang utama Kontes Legenda Carry yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang Februari-Maret lalu. Ada kisah manis yang menyertai perjalanan kepemilikan pikap ini, dan yang tak kalah pening adalah bukti keandalannya.

Dang Sani pertama kali mengenal secara dekat Suzuki ST20 itu pada tahun 1986. Kala itu, dia yang masih duduk di kelas dua bangku SMA, mencoba mencuri-curi kesempatan mengemudikannya. Maklum, di tahun itu pikap ini terbilang keren.

“Sebagai anak muda, saya pun ingin tampil keren juga di mata teman-teman. Karena itu, tanpa sepengetahuan keluarga, saya mencoba mengemudikan membawanya jalan-jalan. Ternyata mudah dan menyenangkan,” tutur Dang Sani, mengisahkan perjalanan mobil kesyangannya itu di booth Suzuki di IIMS 2019, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dang Sani Imansyah (berkaos hitam) tengah menerima plakat peenang kontes Suzuki Carry Legend dari Head of Marketing Ressearch PT SIS, Harold Donel – dok.Istimewa

Tak dinyana, saking asyiknya mengemudi, dia lupa mengisi bahan bakar. Walhasil, ST20 pun mogok, ogah diajak jalan. Antara bingung, sedih, dan tak tahu harus bagaimana, dia akhirnya menunggu suasana mencari-cari jalan keluar.

“Saya sedikit gugup ketika ada polisi menghapiri dan bertanya ada apa ini Dik? Saya jawab, saya lagi nunggu rang tua Pak. Ini lagi istirahat. Kejadian inilah yang tidak terlupakan, maklum saat itu saya takut karena tidak membawa STNK dan belum ada SIM,” ujarnya.

Namun, kejadian itu tak membuatnya kapok. Sebaliknya dia justeru ketagihan. Apalagi, setelah dia memiliki SIM, dan semakin dewasa. Dia semakin sering dipercaya sang pemilik yang tak lain adalah sang paman, untuk mengemudikannya.

“Irit bahan bakarnya, tapi tanggu, dan biaya perawatan yang murah menjadi ciri ST20 ini. Apalagi, onderdilnya juga mudah didapatkan. Itu yang membuat keluarga mempercayai pikap ini,” papar Dang Sani saat ditemui usai penyerahan simobilis hadiah pemenang.

Ketika pemilik menyerahkan kendaraan itu kepadanya, Dang Sani sangat gembira. Dia dengan rajin merawatnya. Bahkan, sesekali saya bersama istri jalan-jalan di kota Garut dengan menggunakan mobil ini.

Bodi dan cat Suzuki ST20 milik Dang Sani masih asli – dok.Motoris

“Saya rajin melakukan servis tepat waktu. Bahkan, saat ke kantor saya juga mengemudikan ini. Sampai sekarang. Meskipun sudah lawas, tapi masih bisa diandalkan. Karena mungkin sudah jarang, dan tampilannya masih bagus, saya sering disetop orang. Mereka tanya apakah mobil ini mau dijual. Rupanya mereka kolektor mobil lawas,” kata Sani terkekeh.

Keuletan dan rasa sayang Sani kepada ST20 ini berbuah manis. Saat kontes yang digelar SIS, diumumkan, dia mencoba mendaftar. Namun, tak banyak berharap.

“Ternyata menang. Saya benar-benar tidak menyangka. Bahkan, saat ini, saya hadir di acara Suzuki di IIMS ini, rasanya seperti mimpi,” ucap dia.

Dang Sani pun berhak mendapatkan hadiah utama yakni sebuah pikap New Carry. Versi anyar Suzuki Carry itu diluncurkan di ajang IIMS, sehari sebelumnya, atau Kamis (25/4/2019).

Orisinal dan lengkap
Sementara itu, Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donel menyebut dari pencarian Suzuki Carry lansiran 1980-1990-an yang digelar dalam ragka kontes di rentang waktu Februari hingga Maret, teryata ST20 milik Dang Sani yang paling memenuhi syarat.

“Selain orisinalitasnya yang masih terjaga, catnya juga masih bagus, serta perawatannya dilakukan dengan baik,” kata Harold di tempat yang sama.

Suzuki ST20 atau yang biasa diebut sebagai Suzuki Truntung milik Dang Sani Imansyah dipajang di IIMS 2019 – dok.Motoris

Selain itu, lanjut dia, dokumen kepemilikan ST20 milik Sani itu masih komplit dan asli. “Itu yang menjadi syarat-syarat yang kami tetapkan, dan ternyata terpenuhi semua,” ucap Harold.

Sedangkan 4W Marketing Director SIS, Donny Saputra mengatakan, antusiasme terhadap kontes yang digelar pihaknya dari masyarakat sangat besar. Hal itu terbukti dari peserta yang datang dari hampir seluruh wilayah di Indonesia.

“Kami juga mendapat banyak cerita dari para pemilik yang mengandalkan Suzuki Carry untuk kegiatan usaha mereka. Bagi mereka, Suzuki Carry bukan sekadar kendaraan fungsional dengan banyak keunggulan. Tetapi juga menjadi teman perjalanan bisnis mereka,” kata Donny. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This