Soal Peluncuran Jimny, Suzuki Indonesia: “Coming Soon”

Soal Peluncuran Jimny, Suzuki Indonesia: “Coming Soon”
Suzuki All New Jimny dihadirkan di IIMS 2019 yang berlangsung di JiExpo, Kemayoran, Jakarta 25 April - 5 Mei 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus menggoda publik Indonesia dengan SUV legendaris Suzuki Jimny. Terbukti setelah diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018, kini generasi terbaru yakni All New Jimny dipajang di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung di JiExpo, Jakarta, 25 April – 5 Mei.

Lantas, akankah ini pertanda SUV mungil itu segera diluncurkan dan dijual di Tanah Air?  Presiden Direktur PT SIS, Seiji Itayama, hanya berujur pihaknya masih terus mempelajari pasar sekaligus berkoordinasi dengan prinsipal, Suzuki Motors di Jepang.

“Tapi intinya, soal kapan peluncuran dan dijual, itu coming soon. Itu yang bisa saya katakana, coming soon,” kata Itayama, saat ditemui Motoris di booth Suzuki di IIMS 2019, Kamis (25/4/2019).

Dia menampik, persoalan yang menjadi kendala utama masih belum dipasarkannya All Jimny di Indonesia adalah faktor harga. Sebab, kata dia, bisa saja harga di masing-masing negara, dimana All New Jimny dipasarkan, berbeda.

Antusiasme masyarakat terhadap All New Jimny sangat tinggi, terbukti saban SUV ini dipamerkan, menjadi topik perbincangan hangat. Termasuk pengunjung di IIMS 2019 kali ini – dok.Motoris

“Kami, masih mempejari semua aspek. Itu intinya. Dan kalau bicara studi  pasar, bukan hanya soal harga. Harga memang penting, tapi itu kan bisa dicarikan yang terbaik. Anda tahu sendiri,pesanan All New Jimny ini sangat banyak. Bahkan di Jepang sediri juga banyak, di Eropa (Inggris) bahkan inden sampai dua tahun. Jadi, kita koordinasikan dengan prinsipal. Ditunggu saja,” ungkap Itayama.

Produksi lokal
Hanya, dia tak besedia menjelaskan apakah koordinasi yang dia maksud termasuk kemungkinan memproduksi SUV tersebut di Indonesia. Menurutnya, keungkinan seperti itu bisa saja diajukan ke prinsipal.

Namun, tentu tidak mudah dikabulkan atau disetujui. Pasalnya, banyak hal yang dipenuhi untuk membuat sebuah model diproduksi di dalam negeri. Hal-hal itu atara lain, faktor volume penjualan dan kesinambungan (sustainability) penjualan apakah terjamin, sehingga menenuhi skala ekonomi (feasible) dan layak diproduksi.

“Jadi soal Jimny ini, coming soon ya. Coming soon,” ulang Itayama.

Pernyataan serupa diungkapkan 4W Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya yang ditemui di tempat yang sama. “Studi masih kami lakukan secara intensif, itu soal layanan purna jual dan sustainability-nya. Itu pertimbangan utama juga untuk penjualan sebuah produk termasuk All New Jimny. Yang pasti, kita masih studi,” kata dia.

Suzuki All New Jimny saat diperkenalkan di GIIAS 2018 banyak menyedot antusiasme pengunjung pameran- dok.Motoris

Setiawan mengaku tak memungkiri, jika saat ini euforia perhatian masyarakat terhadap All New Jimny memang luar biasa. Hal itu terlihat tidak saja di GIIAS 2018 dan setelahnya, tetapi juga di media sosial. Bahkan di IIMS 2019 ini.

“Tapi kan kita tidak bisa hanya melihat itu. Riilnya seperti apa? Itu yang kita studi. Apalagi, kalau bicara produksi kan pasti bicara investasi juga,” imbuh dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This