Bermodal Ini, Skutrik Gesits Optimis Gaet Pembeli

Bermodal Ini, Skutrik Gesits Optimis Gaet Pembeli
Skuter lisrik (Skutrik) buatan anak negeri, Gesits, yang diluncurkan di IIMS 2019 resmi dipasarkan - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Produsen sepeda motor listrik karya anak negeri – Gesits – PT Gesits Technologies Indo (GTI) sudah resmi meluncurkan skutik bersumber tenaga dari arus setrum itu, Kamis (25/4/2019)  dengan banderol Rp 24,95 juta off the road. Pabrikan itu optimis Gesits bakal mampu bersaing di pasar otomotif khususnya kendaraan roda dua.

Seperti dikatakan  Chief Executive Officer PT GTI, Harun Sjech, harga yang dipatok tersebut memang masih berstatus off the road. Pasalnya, motor tersebut  saat ini juga tengah menjalani uji tipe yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

Walhasil, lanjut Harun, besaran tarif pajak dan retribusi yang terkait dengan besaran tenaga maupun kapasitas motor listrik masih belum ditetapkan. “Tetapi, nanti kalau sudah hasil uji keluar, dan kemudian regulasi kendaraan listrik sudah terbit, akan banyak insentif, harga Gesits akan jauh lebih kompetitif,” kata dia saat dihubungi, Minggu (28/4/2019).

Harga Gesits dipatok Rp 24.95 juta off the road – dok.Motoris

Namun, yang jauh lebih penting, kata Harun, adalah keuntungan dari biaya operasional menggunakan skuter listrik (Skutrik) ini. Menurut dia, dari hitung-hitungan PT GTI, dengan asumsi tarif listrik yang ada saat ini serta daya tarhan baterai dalam menempuh jarak perjalanan, biaya operasional Gesits lebih murah 70% dibanding motor konvensional.

Proses pengisian baterai juga berlangsung cepat dan bisa dilakukan di colokan listrik di rumah. “Sehingga, dengan tarif dasar listrik yang ada sekarang, biaya pengecasan baterai lebih murah dari biaya bahan bakar motor konvensional saat menempuh jarak yang sama. Selain itu, motor listrik ini tidak membutuhkan oli mesin. BIaya perawatannya juga lebh murah,” papar Harun.

Sementara, khusus di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung 25 April – 5 Mei, Gesits dibanderol Rp 23,5 juta. “Ini harga perkenalan selama di IIMS. Sebab, kita ingin Gesits dikenal masyarakat. Sebab, persepsi masyarakat hingga saat ini harga motr listrik itu mahal,” ucap Harun.

Biaya operasional Gesits diklaim leih irit hingga 70% dibanding biaya yang sama untuk motor konvensional – dok.Motoris

Lebih dari itu, GTI juga akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya pengguna kendaraan listrik, bukan saja demi lingkungan hidup, tetapi secara ekonomis memang lebih menguntungkan.

“Apalagi, nanti kalau infsatruktur pengecasan daya baterai ada di mana-mana. Sehingga perjalanan jarak jauh pun tidak masalah. Dan motor listrik merupakan salah satu pendukung cita-cita pemerintah dalam rangka mewujudkan kebijakan penurunan tingkat gas buang kendaraan,” imbuh Harun. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This