Avanza Masih Jadi Mobil Toyota Terlaris di IIMS 2019

Avanza Masih Jadi Mobil Toyota Terlaris di IIMS 2019
Toyota Avanza saat diajak melibas genangan air di Toyota Driving Experience - dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim low MPV andalannya – Toyota Avanza – masih memikat publik Indonesia. Terbukti, di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung 25 April – 5 Mei, mobil ini menyumbangkan penjualan terbanyak.

Seperti diungkapkan Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, hingga hari penyelenggaraan kedelapan atau di rentang waktu 26 April sampai 3 Mei, Toyota mengoleksi angka penjualan sebanyak 3.098 unit. “Dari jumlah itu, Avanza mencatatkan pemesanan (penjualan) sebanyak 851 unit,” tutur Soerjo saat dihubungi, Minggu (5/5/2019).

Dengan penjualan sebanyak itu, Low MPV berjuluk “Mobil Sejuta Umat” ini menjadi model yang paling banyak terjual. Sedangkan low SUV Toyota Rush menyusul di belakangnya dengan total pemesanan (SPK) sebanyak 651.

“Kemudian Kijang Innova sebanyak 452 uit, Toyota Calya 403 unit, dan high SUV, Toyota Fortuner sebanyak 206 unit,” ucap Soerjo.

LCGC 7 kursi penumpang Toyota Caya di IIMS 2019 – dok.Motoris

Hanya, dia belum bersedia memastikan apakah penjualan Toyota di pameran otomotif tahunan ini menjadi yang terbanyak. Pasalnya, penjualan di hari kesembilan, sepuluh, dan sebelas belum dilaporkan.

“Tetapi kalau akan bertambah kemungkinan besar bertambah jika melihat animo masyarakat yang mengunjungi booth. Apalagi saat ini menjelang lebaran, dimana banyak masyarakat yang menyiapkan kendaraan untuk mudik,” kata Soerjo.

 

April masih menciut
Sementara secara keseluruhan, Soerjo berharap penjualan di kuartal kedua tahun ini meningkat. Sebab, penjualan di awal kuartal kedua yakni di bulan April lalu masih terbilang melempem alias menciut.

“Secara total di April kemarin wholesales kita (Toyota) sebanyak 29.400-an unit. Sedangkan di ritel-nya sebanyak 26.600-an unit. Ini terdiri dari Avanza wholesales (WS) 9.100-an unit, ritel (RS) 6.800-an unit, Rush WS sebanyak 5.400-an unit dan RS 5.200-an unit, Kijang Innova WS 4.600-an unit dan RS 4.100-an unit, serta Toyota Calya WS 3.400-an unit dan RS 4.500-an unit,” papar Serjo.

LCGC Toyota Agya di IIMS 2019 – dok.Motoris

Secara umum penjualan Toyota sepanjang April itu turun sekitar 4-5%. Pada saat yang sama pasar secara keseluruhan (penjualan seluruh merek dan model mobil) melorot 8-10%. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This