Penasaran ke Pikap Suzuki Carry Baru? Ini Performa Mesinnya

Penasaran ke Pikap Suzuki Carry Baru? Ini Performa Mesinnya
Pikap Suzuki New Carry yang diluncurkan di IIMS 2019 diharapkan menjadi penopang gerak roda perekonomian negeri - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan versi terbaru dari pikap Carry (New Carry) di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Kamis (25/4/2019) lalu. SEderet keunggulan diklaim ada di kendaraan niaga ringan yang model pertamanya dipasarkan di Indonesia sejak 1976 itu. PT SIS mengaku optimis versi anyar pikap Suzuki Carry itu bakal mendapat respon positif dari konsumen Indonesia.

Pasalnya, salah satu aspek terpenting, yakni penggunaan mesin K15B-C berkapasitas 1,5 liter, telah  kebutuhan dan keinginan konsumen. Tenaga dan torsi yag cukup elimpah menjadi kebutuhan dan harapan konsumen.

Suzuki mengklaim, mesin ini memiliki desain serupa dengan unit yang dipakai oleh Suzuki All New Ertiga. Namun memang terdapat sejumlah perbedaan antara keduanya, misalnya pada output yang dihasilkan.

Kapasitas angkut Pikap Suzuki Carry versi baru mencapai 1 ton dengan bak yang lebih luas dan lebih panjang – dok.Motoris

Jika tenaga mesin maksimum pada Suzuki New Carry Pick Up adalah 97 PS, maka pada Suzuki All New Ertiga mencapai 104,7 PS. Selain itu, torsi yang dihasilkan pun berbeda, yakni 135 Nm pada New Carry Pick Up, sedangkan All New Ertiga sebesar138 Nm.

“Perbedaan ini tentu saja telah kami perhitungkan dengan karakter dan kebutuhan masing-masing kendaraan. Desain mesin antara New Carry Pick Up dengan All New Ertiga memang serupa, tapi ada beberapa hal yang kami sesuaikan,” tutur Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS, Yulius Purwanto, saat ditemui di booth Suzuki IIMS 2019, Kamis (2/5/2019).

Sekurang-kurangnya, ada tiga aspek pada mesin K15B yang mengalami penyesuaian untuk New Carry Pick Up. Yang pertama ialah remapping pada Engine Control Unit (ECU) guna menghasilkan kurva torsi yang baik di putaran bawah dan menengah.

Pikap Suzuki Carry yang diaplikasikan sebagai mobil angkutan kota – dok.Motoris

Kedua adalah profil camshaft yang sesuai dengan karakter penggunaan kendaraan serbaguna. Dan yang ketiga, desain serta letak komponen penunjang sistem pendinginan mesin. (Adp)

CATEGORIES
TAGS
Share This