Jadi Andalan, Gebrakan Awal Hyundai Kona Lumayan

Jadi Andalan, Gebrakan Awal Hyundai Kona Lumayan
Hyundai Kona membidik ceruk pasar konsumen usia muda yang mulai mapan - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mencoba melakukan gebrakan baru untuk mendongkrak kinerja penjualannya yang selama ini landai-landai saja, dengan menyuguhkan crossover Hyundai Kona. Melalui hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, HMI meluncurkan Konda – yang berbanderol 363 juta atau di bawah Honda HR-V dan Mazda CX-5 – untuk menggoda publik Indonesia.

Hasilnya, crossover tersebut laku 48 unit, atau nyaris mencapai target yang dipatok HMI sebagai target penjualan bulanan.

“Kami sejak awal, dan sudah pernah kami sampaikan saat peluncuran mobil ini di pembukaan IIMS 2019 (Kamis, 25 April 2019), bahwa target penjualan kami untuk Kona ini, 50 unit per bulan. Ternyata, dalam waktu 10 atau 11 hari penyelenggaraan pameran (IIMS 2019), penjualan Kona sudah hampir mendekati target bulanan itu,” tutur Deputy Marketing Director HMI, Hendrik Wijaya, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Dia mengatakan, kinerja penjualan di permulaan ini menunjukan bahwa Kona telah mendapatkan tempat di hati masyarakat pecinta crossover maupun SUV. Maklum, Kona yang diposisikan sebagai crossover segmen atas namun itu dibanderol di bawah rata-rata para pesaingnya.

Hyundai Kona, SUV baru yang diluncurkan Hyundai Mobil Indonesia di ajang IIMS 2019 – dok.Motoris

“Satu hal lagi, fiturnya lengkap dan merupakan fitur terkini. Kona adalah produk global Hyundai, sehingga bagik gaya desain, fitur keamanan maupun kenyamanannya juga berstandar global. Itu yang menjadi daya tarik,” paparnya.

Memang, faktanya, harga Kona lebih murah ketimbang Honda HR-V 1.8 yang sebesar Rp 400. Atau Mazda CX-5 yang sekitar Rp 399 juta on the road Jakarta.

Rekam jejak penjualan
Seperti dikatakan Hendrik, Kona diharapkan menjadi tulang punggung penjualan HMI tahun ini dan seterusnya. Maklum,kinerja penjualan merek asal Korea Selatan ini, bisa dibilang landau-landai saja.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan penjualan Hyundai – di pasar Indonesia – sepanjang tahun 2018 lalu hanya 1.447 unit. Dari jumlah ini sekitar 40% dibukukan oleh SUV Santa Fe dan Tucson, 30% oleh MPV Hyundai H-1, dan sisanya oleh Hyundai i10 dan i20.

Kapasitas bagasi Hyundai Kona lumayan besar – dok.Motoris

Penjualan itu sedikit naik dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 1.271 unit. Sedangkan di tahun 2016, penjualan sekitar 1.400-an unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS