AHM Masih Studi Pasar, Importir Sudah Jual Honda Monkey

AHM Masih Studi Pasar, Importir Sudah Jual Honda Monkey
Honda Monkey - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah November 2018 lalu memboyongnya ke hajatan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, PT Astra Honda Motor (AHM) membawa versi baru Honda Monkey di gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung di Jakarta, 25 April – 5 Mei. Penjajakan seperti apa minat masyarakat terhadap motor yang pertamakali diluurkan pada tahun 1964 dengan nama Z50 itu.

Namun, General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin menyangkal jika kehadiran Honda Monkey untuk kedua kalinya di ajang pameran otomotif itu, sebagai pertanda motor tersebut segera dijual.

“Jadi, kami ingin melakukan studi lagi, seberapa besar minat masyarakat terhadap motor ini. Memang, tahun lalu (di IMOS) motr ini juga sudah diperkenalkan dan dalam rangka studi, tetapi itu saja belum cukup,” papar Muhib saat dihubungi, di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut dia, jika mendengarkan informasi yang beredar memang menyatakan banyak orang yang berminat meminag motor legendaris yang beberapa diantaranya dimiliki oleh pesohor dunia. Salah satunya adalah pentolan grup musik sohor asal Inggris, The Beatles, John Lennon.

Honda Monkey dipmaerkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Hasil studi itu, kata Muhib, bukan sebuah syarat yang ditetapkan oleh prinsipal – Honda Motors – untuk memberi jatah impor Honda Indonesia atas Honda Monkey. Tetapi, lebih dimaksudkan sebagai gambaran bagaimana kelayakan dalam penjualan sekaligus layanan purna jual.

“Sebagai produk di seruk pasar khusus, nieche market atau emotional market, tentu treatment yang diberikan juga khusus. Sehingga, kepuasan pelanggan juga bisa diwujudkan,” kata dia.

Hanya, Muhib tak berseia memberikan kepastian hingga kapan batas waktu studi tersebut, dan diputuskan bahwa Honda Moneky dijual di Indonesia atau tidak. Meski, dia tak memungkiri potensi pasar motor ini memang ada di Indonesia.

“Terutama bagi mereka yang senang klangenan (barang idaman untuk kepuasan penyaluran hobi),” ucap dia.

PT Astra Honda Motor kembali melakukan studi respon pasar terhadap Honda Monkey dengan menghadirkannya ke IIMS 2019 – dok.MotorisPT Astra Honda Motor kembali melakukan studi respon pasar terhadap Honda Monkey dengan menghadirkannya ke IIMS 2019 – dok.Motoris

Sebelumnya, salah seorang pimpinan perusahaan importir umum, Garasi 27 Minibike, Faisal Sanad, mengaku telah mengimpor motor tersebut sejak tahun lalu. “Kita sudah datangkan itu (Honda Monkey) dari Thailand. Banyak juga peminatnya,” ujar Faisal saat dihubungi belum lama ini.

Di Indonesia, kata dia,  motor bermesin 125 cc itu dibanderol sekitar Rp 100 jutaan. Meski harga “selangit”, kata Faisal, namun tak sedikit yang memesannya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This