Sudah Terjual 5.781 Unit, Toyota Optimis Fortuner Bakal Jawara

Sudah Terjual 5.781 Unit, Toyota Optimis Fortuner Bakal Jawara
Ilustrasi, Toyota Fortuner garapan TRD untuk tim balap Toyota Indonesia atau TTI yang disuguhkan Toyota di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) optimis high SUV andalannya – Toyota Fortuner – masih akan merajai penjualan di segmennya pada tahun ini. Minat pasar, khususnya dari kalangan menengah atas, terhadap model itu mulai kembali terpantik.

Seperti diungkapkan Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, sepanjang kurun waktu dari Januari hingga April lalu, SUV ini telah terjual sebanyak 5.781 unit. Jumlah ini setara dengan 33,1% dari total penjualan SUV di segmennya.

“Sepanjang April saja, penjualan Fortuner tercatat sebanyak 1.547 unit. Kalau, di sisa delapan bulan ini penjualan konsisten sebanyak itu (1.500 – 1.600 unit), maka target penjualan paling tidak sama dengan tahun lalu bisa tercapai, atau bahkan lebih,” ungkap Soerjo yang ditemui di sela acara berbuka puasa bersama, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Sebagai gambaran tingginya minat konsumen ke Fortuner, Soerjo memberikan bukti penjualan selama hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Di ajang ini, Fortuner terpesan 2658 unit.

Toyota Fortuner Facelift – dok.Istimewa

“Minat masyarakat baik itu individu maupun fleet terhadap Fortuner tetap tinggi. Di segmen ini, karakteristik konsumennya sudah  masuk ke kategori emotional market, jadi di situ ada gaya hidup, jadi kalau mereka suka ya beli aja. Karena memang, duit sudah ada, tinggal kapan spendingnya, itu tergantung niatan mereka saja,” papar Soerjo.

Optimisme TAM juga didasari kenyataan segmen SUV terus tumbuh dengan pangsa pasar yang sekitar 19% lebih. Termasuk di subsegmen high SUV dimana Fortuner berada.

All New Fortuner yang ditawarkan dalam empat varian  itu kini dibanderol mulai Rp 548,05 – 666,15 juta. Harga tersebut on the road Jakarta, pada pekan pertama Mei ini.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) berbicara, sepanjang tahun 2018 lalu Fortuner menempati posisi pertama di daftar penjualan SUV di kelasnya. Dia terjual 21.459 unit, dan mengungguli Mitsubishi Pajero Sport yang terjual 21.029 unit, dan Honda CR-V yang laku 14.565 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This